Sunday, July 14, 2024

Resep dan Langkah-Langkah Menggoreng Kerupuk Kulit Ikan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
             Pada postingan saya kali ini saya ingin. membahas tentang resep sederhana beserta langkah-langkah menggoreng kerupuk kulit ikan yang tentunya enak dan gurih. Kerupuk kulit ikan sendiri adalah makanan yang berasal dari daerah Indramayu, Jawa Barat, untuk anda yang pernah mencobanya pasti sudah mengetahui petapa renyah dan gurihnya kerupuk ini, langsung saja untuk tutorialnya adalah sebagai berikut:


Alat dan bahan:

  1. wajan besar
  2. spatula
  3. tampah
  4. kertas minyak
  5. penyaring minyak
  6. mangkuk kecil wadah minyak
  7. minyak goreng 1/2 liter
  8. kulit ikan 1/2 kg
  9. masako 2 bungkus


Langkah-langkah

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang tertulis di atas
  2. Panaskan minyak, untuk menggoreng kerupuk kulit ikan maka diperlukan minyak goreng yang lumayan banyak setidaknya setengah liter, masukkan setengah liter minyak goreng ke dalam wajan besar yang telah diletakkan di atas kompor, lalu hidupkan kompor, dan tunggu sampai minyak sekiranya sudah panas


  3. Siapkan kulit ikan dan masukkan kulit ikan satu per satu ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas, jangan terlalu penuh mengisi wajan dengan kerupuk kulit ikan, masukkan satu per satu kerupuk kulit ikan, tunggu kerupuk kulit ikan mengembang terlebih dahulu baru memasukkan kerupuk kulit ikan berikutnya, cukup isi 6  sampai 7 lembar kerupuk kulit ikan ke dalam wajan.


  4. Aduk dan bolak balikkan kerupuk kulit ikan di dalam wajan menggunakan spatula sampai sekiranya sudah matang, tidak perlu lama-lama, goreng sekitar 3 menitan saja, kerupuk kulit ikan saat digoreng masih bertekstur lembek.
  5. Kurangi munyak pada kerupuk kulit ikan yang sudah matang, taruh ke atas penyaring lalu taruh saringan di atas mangkuk kecil agar minyak nya berkurang.


  6. Setelah minyak sekiranya berkurang, taruh kerupuk kulit ikan di atas tampah yang sudah diberikan kertas minyak diatasnya, untuk proses menggoreng kerupuk kulit ikan selanjutnya ulangi langkah-langkah diatas, sampai semua kerupuk kulit ikan sudah berhasil digoreng.


  7. Setelah semua kerupuk kulit ikan selesai digoreng, siapkan 2 saset masako lalu taburkan masako pada kerupuk kulit ikan yang sudah matang.


  8. Bolak balik kerupuk kulit ikan serta campur-campurkan kerupuk kulit ikan dengan masako dengan menggoyang-goyangkan tampah yang berisi kerupuk kulit ikan sampai sekiranya kerupuk kulit ikan berhasil tercampur dengan baik dengan masako.
  9. Cicipi kerupuk kulit ikan, jika dirasa rasanya sudah enak, maka selamat anda sudah berhasil menggoreng kerupuk kulit ikan.


Previous Post
Next Post

0 Comments: