Friday, July 12, 2024

Laptop Windows Anda Memorinya Penuh? Mungkin Anda Perlu Menghapus Folder Tmp (Temporary)



kredit: https://www.pexels.com/


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang cara mengurangi beban momori komputer Windows anda yang kelebihan memori padahal sudah menghapus atau memindahkan banyak file. Mungkin akan ada saatnya anda memerlukan memori lebih pada komputer Windows anda guna mengisi komputer dengan data lain atau guna melakukan aktivitas tertentu yang membutuhkan kapasitas memori lebih seperti membuild aplikasi jika anda seorang pengembang perangkat lunak, dan mungkin anda akan kebingungan kenapa komputer anda masih saja penuh padahal anda sudah menghapus atau memindahkan banyak file memori lain.

Mungkin penyebabnya file Tmp yang besar dan anda perlu menghapusnya
         
File Tmp (Temporary) berisi program-program lama yang terus di simpan, jika dibiarkan maka ukuran folder Tmp akan semakin membesar bahkan sampai berukuran bergiga-giga, yang mana anda perlu menghapusnya guna menambah momori lebih guna meningkatkan performa komputer atau laptop ber OS Windows, folder Tmp terletak di directory C:/Users/(Username)/AppData/Tmp, folder AppData secara default tersembunyi alias tidak tampil seperti folder lainnya, sehingga untuk menampilkan folder AppData anda perlu melakukan langkah berikut:

  1. Pada tools bar klik tab view
  2. klik checkbock hidden items 
  3. folder yang sebelumnya tersembunyi akan terlihat
dan untuk menghapus folder Tmp adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke directory C:/Users/(Username)/AppData, yang mana (Username) adalah nama user pada komputer anda yang sedang anda gunakan.
  2. cari folder Tmp
  3. hapus forder Tmp dengan klik kanan, cari icon atau tombol untuk menghapus file, lalu klik icon atau tombol
  4. Pergi ke folder Recycle Bin, lalu hapus kembali folder Tmp di dalam Recycle Bin, atau jika file-file lain pada Recycle bin tidak diperlukan lagi anda bisa klik kanan lalu klik Empty Recycle Bin untuk menghapus semua data pada Recycle bin.
       Terkadang terdapat pesan kesalahan yang mengharuskan anda menhapus folder Tmp sebagai Administrator, jika anda bingun dan tidak ketemu jalan keluar nya, anda bisa merestart komputer anda lalu ulangi langkah-langkah menghapus folder Tmp di atas.

Apakah aman menghapus folder Tmp?
         Folder Tmp hanya berisi program-program lama yang disimpan mirip seperti cache pada browser, sangat aman dan sangat disarankan menghapus folder tersebut jika anda menginginkan ruang dan performa tambahan pada laptop atau komputer anda.

Previous Post
Next Post

0 Comments: