Tuesday, July 9, 2024

Beberapa Tools Penting yang Perlu Anda Siapkan Untuk Jadi Programmer

google



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

           Pada artikel saya kali ini saya ingin membagikan tentang tools-tools apa saja yang perlu disiapkan jika anda ingin memulai karir sebagai seorang programmer yang pada kasus kali ini adalah programmer aplikasi seperti mobile dan web. Untuk menjadi programmer anda perlu menyiapkan beberapa tools pada komputer anda guna melengkapi lingkungan kerja anda saat mengembangkan aplikasi mobile atau web, untuk tools-tools yang wajib anda install adalah sebagai berikut:

  1. Code Editor
             
    Code Editor adalah tools utama untuk mengembangkan aplikasi, tools ini berfungsi untuk menulis baris kode yang nantinya akan menjadi sebuah aplikasi utuh, banyak merk Code Editor yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda diantaranya adalah Visual Studio Code, PHP Storm, Web Storm, Atom, dsb.
  2. Aplikasi Pengujian API (Postman)
               
    Selanjutnya adalah tools yang digunakan untuk melakukan pengujian API, API atau Application Programming Interface adalah interface yang menghubungkan aplikasi client dengan aplikasi server, API perlu diuji terlebih dahulu agar response data yang keluar sesuai dengan kebutuhan aplikasi client, contoh aplikasi pengujian API yang paling terkenal dan banyak digunakan programmer adalah Postman.
  3. Database Manager
                 
    Database Manager digunakan untuk management database seperti create, read, update, dan delete data pada database, dengan database manager anda dapat melihat dan memodifikasi database yang terdapat pada local komputer anda atau pada database yang berada pada server online, beberapa tools aplikasi Database Manager yang paling terkenal adalah Navicat, DBeaver, MongoDB Compass, dsb.
  4. Browser
                 
    Tentu saja anda sangat memerlukan browser untuk pengembangan aplikasi anda, browser dapat digunakan untuk pengujian aplikasi web, mencari problem solving, melakukan debugging, dsb. 
  5. Tools Untuk Bahasa Pemrograman
                 
    Bahasa pemrograman tertentu tidak langsung terinstall pada komputer anda, seperti dart anda perlu mendownload dan menginstall nya terlebih dahulu sebelum mengembangkan aplikasi flutter, node js digunakan untuk mengembangkan aplikasi react, dsb.
  6. Aplikasi Pendukung Lainnya (tergantuk aplikasi dan bahasa yang digunakan)
                 
    Aplikasi pendukung digunakan untuk mendukung pengembangan sebuah aplikasi, seperti docker untuk container aplikasi, virtual machine untuk server tambahan pada local computer, Microsoft Visual Studio untuk pengembangan aplikasi windows desktop (yang mana juga bisa digunakan untuk mengembangkan jenis aplikasi lain), dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengembangan aplikasi anda.

Previous Post
Next Post

0 Comments: