Thursday, July 25, 2024

Indahnya Pemandangan Puncak Gunung Bismo, Jawa Tengah



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

           Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang salah satu pengalaman saya mendaki sebuah gunung, gunung yang saya daki bersama teman-teman saya tersebut bernama Gunung Bismo. Suatu hari saya diajak oleh salah satu teman saya untuk mendaki gunung, karena saya belum pernah sama sekali sekaligus kata teman saya gunung tersebut tidak terlalu tinggi untuk di daki dan kebetulan saya sedang juga membutuhkan hiburan maka saya iyakan ajakan teman saya tersebut.

Malam keberangkatan

           Pada malah keberangkatan tepatnya malam minggu saya menunggu teman-teman saya untuk berkumpul di rumah salah satu teman saya, setelah semuanya berkumpul maka saya dan teman-teman saya siap untuk berangkat ke Gunung Bismo yang mana menempuh beberapa jam perjalanan sampai ke lokasi kaki Gunung Bismo, di perjalanan saya dan teman-teman saya melaju dengan cukup kencang menggunakan sepeda motor karena mengejar waktu dan perjalanannya yang cukup jauh, setelah saya dan teman-teman saya hampir sampai di lokasi, saya dan teman-teman saya sempat kesulitan saat menaiki jalan yang cukup curam bahkan saya sempat turun dan mendorong sepeda motor saya untuk naik ke jalan tersebut.

Sampai di Kaki Gunung Bismo

            Setelah sampai di kaki Gunung Bismo sekitar tengah malam saya dan teman-teman saya langsung memarkirkan sepeda motor masing-masing, di sini sebenarnya saya dan teman-teman saya memiliki kesempatan untuk tidur sebentar, tapi sebagian besar teman saya tidak bisa tidur dan malah tetap terjaga sampai pagi dan juga membeli jajanan yang di jual di wilayah pos para pendaki, saya sendiri sempat berusaha tidur sebentar tapi kesulitan untuk tidur dan memilih untuk tetap terjaga sampai pagi, suasana udara di sini cukup dingin bahkan saya bisa mengeluarkan asap uap dari nafas saya sendiri.

Memulai perjalanan mendaki gunung






            Saat waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 3 pagi saya dan teman-teman saya memulai pendakian menuju puncak gunung, di awal perjalanan kita melewati sela-sela rumah warga, selanjutnya melewati kebun teh, dan akhirnya sampai di pos pertama, terdapat 3 pos saat melakukan pendakian, saya dan teman-teman saya berkali-kali berhenti sejenak untuk istirahat dan untuk saya sendiri yang baru pertama kali melakukan pendakian gunung merasa cukup kelelahan saat pendakian dan berharap segera sampai di puncak gunung, selanjutnya saya dan teman-teman saya sampai di pos ke 2, kita mulai naik untuk mendaki gunung sampai akhirnya sampai di pos 3, sampai di pos 3 bukan berarti sudah sampai di puncak gunung tapi saya dan teman-teman saya sudah mulai bisa menikmati pemandangan dari ketinggian, dan akhirnya dengan perjuangan sekitar 1,5 jam saya dan teman-teman saya berhasil sampai di puncak gunung pas di waktu subuh, saya dan teman-teman saya pun secara bergantian melaksanakan sholat subuh dengan berwudhu menggunakan air minum yang dibawa.

Keindahan pemandangan dari puncak Gunung Bismo

            Setelah sampai di puncak gunung, saya dan teman-teman saya benar-benar merasa puas dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak Gunung Bismo terlebih lagi kita disuguhkan dengan pemandangan terbitnya matahari dari atas Gunung Bismo, kita pun mulai menelusuri puncak Gunung Bismo dengam melewati jalan yang cukup menantang karena selama menelusuri jalan di puncak Gunung Bismo kanan dan kiri saya beserta teman-teman saya adalah jurang gunung yang cukup curam sehingga perlu berhati-hati saat berjalan, di atas saya dan teman-teman saya menikmati minuman dan snack yang sudah dibawa serta melakukan foto berkali-kali, pemandangan dari atas puncak Gunung Bismo benar-benar indah terlebih lagi bagi saya yang baru pertama kali mendaki gunung, hal tersebut menjadi pengalaman yang sangat indah bagi saya.


pemandangan dari atas Gunung Bismo





Perjalanan pulang 

             Setelah beberapa jam menikmati pemandangan serta berpiknik di atas Gunung Bismo, saya dan teman-teman saya akhirnya memutuskan untuk pulang, saya sendiri membeli oleh-oleh untuk orang rumah berupa minuman khas berupa manisan buah-buahan, perjalanan pulang cukup melelahkan, di tengah perjalanan pulang saya dan teman-teman saya memutuskan untuk singgah sebentar di pinggir jalan untuk beli makan mie ayam.

Monday, July 15, 2024

Cara Mengisi Form Pajak Singapura Pada Google Adsense

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

           Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang cara bagaimana mengisi form pajak singapura yang akhir-akhir ini muncul di halaman menu pembayaran pada Google Adsense, hal ini penting bagi anda pemilik akun Google adsense karena jika anda tidak mengisinya maka pembayaran anda bisa mengalami keterlambatan atau tidak dibayar, sebelumnya kita hanya mengisi form pajak Amerika, tapi sekarang kita juga diharuskan mengisi form pajak Singapura pada akun Google Adsense kita.


Langkah-langkah mengisi form pajak Singapura Google Adsense

  1. Login, masuk ke akun Google Adnsense, dan masuk ke menu pembayaran -> info pembayaran.


  2. Di halaman info pembayaran terdapat peringatan tentang info pajak singapura, klik saja tombol bertuliskan "Tambahkan Info Pajak"


  3. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, klik saja tombol di kanan kiri bawah yang bertuliskan "Tambahkan Info Pajak" pada pajak Singapura.


  4. Selanjutnya akan ada pop up berisi deskripsi, lanjut saja dengan mengeklik tombol "Mulai Formulir" maka anda akan diarahkan ke form untuk mengisi informasi pajak Singapura.


  5. Pada form pengisian, sebenarnya banyak opsi pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda, tetapi pada kasus saya kali ini saya akan memilih "Perorangan/Pemilik Tunggal" pada pilihan "Apa jenis bisnis anda?" dan mengisi semua pilihan selanjutnya dengan jawaban "Tidak".





  6. Klik tombol "Kirim" yang berada di bawah form, maka selanjutnya pada halaman "Kelola Info Pajak" akan tampil seperti pada gambar.


  7. Selamat anda sudah berhasil mengisi form info pajak Singapura, anda akan menerima email dari Google Ansense dan tinggal tunggu beberapa saat sampai form info pajak anda berhasil diterima.

Sunday, July 14, 2024

Resep dan Langkah-Langkah Menggoreng Kerupuk Kulit Ikan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
             Pada postingan saya kali ini saya ingin. membahas tentang resep sederhana beserta langkah-langkah menggoreng kerupuk kulit ikan yang tentunya enak dan gurih. Kerupuk kulit ikan sendiri adalah makanan yang berasal dari daerah Indramayu, Jawa Barat, untuk anda yang pernah mencobanya pasti sudah mengetahui petapa renyah dan gurihnya kerupuk ini, langsung saja untuk tutorialnya adalah sebagai berikut:


Alat dan bahan:

  1. wajan besar
  2. spatula
  3. tampah
  4. kertas minyak
  5. penyaring minyak
  6. mangkuk kecil wadah minyak
  7. minyak goreng 1/2 liter
  8. kulit ikan 1/2 kg
  9. masako 2 bungkus


Langkah-langkah

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang tertulis di atas
  2. Panaskan minyak, untuk menggoreng kerupuk kulit ikan maka diperlukan minyak goreng yang lumayan banyak setidaknya setengah liter, masukkan setengah liter minyak goreng ke dalam wajan besar yang telah diletakkan di atas kompor, lalu hidupkan kompor, dan tunggu sampai minyak sekiranya sudah panas


  3. Siapkan kulit ikan dan masukkan kulit ikan satu per satu ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas, jangan terlalu penuh mengisi wajan dengan kerupuk kulit ikan, masukkan satu per satu kerupuk kulit ikan, tunggu kerupuk kulit ikan mengembang terlebih dahulu baru memasukkan kerupuk kulit ikan berikutnya, cukup isi 6  sampai 7 lembar kerupuk kulit ikan ke dalam wajan.


  4. Aduk dan bolak balikkan kerupuk kulit ikan di dalam wajan menggunakan spatula sampai sekiranya sudah matang, tidak perlu lama-lama, goreng sekitar 3 menitan saja, kerupuk kulit ikan saat digoreng masih bertekstur lembek.
  5. Kurangi munyak pada kerupuk kulit ikan yang sudah matang, taruh ke atas penyaring lalu taruh saringan di atas mangkuk kecil agar minyak nya berkurang.


  6. Setelah minyak sekiranya berkurang, taruh kerupuk kulit ikan di atas tampah yang sudah diberikan kertas minyak diatasnya, untuk proses menggoreng kerupuk kulit ikan selanjutnya ulangi langkah-langkah diatas, sampai semua kerupuk kulit ikan sudah berhasil digoreng.


  7. Setelah semua kerupuk kulit ikan selesai digoreng, siapkan 2 saset masako lalu taburkan masako pada kerupuk kulit ikan yang sudah matang.


  8. Bolak balik kerupuk kulit ikan serta campur-campurkan kerupuk kulit ikan dengan masako dengan menggoyang-goyangkan tampah yang berisi kerupuk kulit ikan sampai sekiranya kerupuk kulit ikan berhasil tercampur dengan baik dengan masako.
  9. Cicipi kerupuk kulit ikan, jika dirasa rasanya sudah enak, maka selamat anda sudah berhasil menggoreng kerupuk kulit ikan.


Saturday, July 13, 2024

Mengenal Starlink, Layanan Internet Milik Perusahaannya Elon Musk


credit: https://unsplash.com/


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

             Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang salah satu teknologi terbaru saat ini yang masih hangat untuk dibicarakan, teknologi ini bernama Starlink. Starlink adalah perangkat untuk layanan internet milik perusahaan milik Elon Musk yang dikembangkan dari tahun 2015 dan mulai di luncurkan tahun 2019, Starlink menggunakan satelit yang mengormbit bumi pada jarak yang cukup rendah dari bumi untuk menghubungkan penggunanya ke internet, satelit Starlink mengorbit bumi dengan jarak sekitar 350 mil (563,7 km) dari bumi dan dapat menyediakan kecepatan internet atau latensi sekitar 25 ms dan 35 ms.

Kelebihan Starlink

  1. Bisa menjangkau daerah yang belum bisa menjangkau internet, seperti daerah terpencil karena menggunakan satelit yang tidak terhubung menggunakan kabel, berbeda jika anda yang berada di daerah terpencil menggunakan layanan internet Fiber Optik biasa maka memerlukan biaya tambahan untuk pemasangan kabel ke rumah anda yang berada di daerah terpencil yang tentunya menambah biaya yang cukup besar.
  2. Transmisi dan waktu pemindahan data yang cepat, karena dikembangkan dengan cukup baik oleh perusahaan milik Elon Musk maka Elon Musk berhasil mengembangkan layanan ini dengan cukup baik dari segi kualitas dan kepuasan dari penggunanya.
  3. Pemasangan mudah, anda tinggal memasang parabola ke dudukan perangkat Starlink, menyolokkan 2 colokan ke router dan 1 colokan power ke colokan sumber listrik, mengesetnya menggunakan Aplikasi Starlink, dan setelah terpasang menunggu sekitar 12 jam agar mendapat koneksi yang bagus.
Kekurangan Starlink
  1. Harga yang mahal, karena perlu membeli perangkat Starlink, membeli paket, dan menyediakan lat untuk disalurkan ke modem jika anda ingin agar akses internet dari Starlink dapat digunakan oleh perangkat lain.
  2. Kurang cocok di daerah perkotaan, untuk anda yang berada di perkotaaan atau dekat dengan perkotaan akan lebih murah menggunakan internet kabel Fiber Optik karena perbandingan biaya paket yang cukup tinggi antara Starlink dan internet rumah biasa saat ini.
  3. Harus berada di daerah yang terbuka dan minim halangan, Starlink memerlukan network flrekwensi tinggi yang mana layanan lain seperti broadband dan seluler seperti kota yang padat penduduk akan mengganggu kinerja dari Starlink.
Biaya pembelian dan penggunaan Starlink
      Dibanding internet Fiber Optik pada umumnya, biaya pembeliaan dan penggunaan Starlink untuk saat ini masih terbilang mahal, untuk satu set perangkat nya masih di kisaran harga 6 jutaan, tetapi jika anda mengunjungi website nya langsung bisa berkesempatan mendapatkan potongan saat ada diskon pembelian, untuk biaya paket penggunaan Starlink paling murah 750 ribu rupiah, akan lebih hemat bagi anda yang berada di perkotaan atau daerah yang dengan mudah bisa menggunakan internet rumah Fiber Optik untuk menggunakan internet rumah Fiber Optik biasa dibandi Starlink karena harga paket yang  jauh lebih murah, belum lagi jika anda ingin penggunaan Starlink dapat digunakan oleh perangkat lain, maka anda perlu biaya tambahan untuk membeli lat untuk disalurkan ke modem, tapi dengan biaya yang masih mahal tersebut anda dapat menikmati kepuasan saat mengakses internet menggunakan Starlink terutama bagi anda yang berada di daerah terpencil atau daerah yang minim halangan.

Starlink di Indonesia
         Starlink sudah berhasil masuk dan diresmikan sejak Mei 2024 lalu, kini kita sebagai warga Indonesia sudah bisa menikmati layanan Startlink, Elon Musk sendiri datang ke Bali untuk meresmikan Starlink di Indonesia serta memasang perangkat Starlink pada tenda di salah satu Puskesmas tempat Elon Musk meresmikan Starlink sebagai uji coba, kita sebagai masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati layanan dari Starlink terutama bagi masyarakat yang berada di daerah-daerah yang belum terjamah internet Fiber Optik.

Friday, July 12, 2024

Laptop Windows Anda Memorinya Penuh? Mungkin Anda Perlu Menghapus Folder Tmp (Temporary)



kredit: https://www.pexels.com/


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang cara mengurangi beban momori komputer Windows anda yang kelebihan memori padahal sudah menghapus atau memindahkan banyak file. Mungkin akan ada saatnya anda memerlukan memori lebih pada komputer Windows anda guna mengisi komputer dengan data lain atau guna melakukan aktivitas tertentu yang membutuhkan kapasitas memori lebih seperti membuild aplikasi jika anda seorang pengembang perangkat lunak, dan mungkin anda akan kebingungan kenapa komputer anda masih saja penuh padahal anda sudah menghapus atau memindahkan banyak file memori lain.

Mungkin penyebabnya file Tmp yang besar dan anda perlu menghapusnya
         
File Tmp (Temporary) berisi program-program lama yang terus di simpan, jika dibiarkan maka ukuran folder Tmp akan semakin membesar bahkan sampai berukuran bergiga-giga, yang mana anda perlu menghapusnya guna menambah momori lebih guna meningkatkan performa komputer atau laptop ber OS Windows, folder Tmp terletak di directory C:/Users/(Username)/AppData/Tmp, folder AppData secara default tersembunyi alias tidak tampil seperti folder lainnya, sehingga untuk menampilkan folder AppData anda perlu melakukan langkah berikut:

  1. Pada tools bar klik tab view
  2. klik checkbock hidden items 
  3. folder yang sebelumnya tersembunyi akan terlihat
dan untuk menghapus folder Tmp adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke directory C:/Users/(Username)/AppData, yang mana (Username) adalah nama user pada komputer anda yang sedang anda gunakan.
  2. cari folder Tmp
  3. hapus forder Tmp dengan klik kanan, cari icon atau tombol untuk menghapus file, lalu klik icon atau tombol
  4. Pergi ke folder Recycle Bin, lalu hapus kembali folder Tmp di dalam Recycle Bin, atau jika file-file lain pada Recycle bin tidak diperlukan lagi anda bisa klik kanan lalu klik Empty Recycle Bin untuk menghapus semua data pada Recycle bin.
       Terkadang terdapat pesan kesalahan yang mengharuskan anda menhapus folder Tmp sebagai Administrator, jika anda bingun dan tidak ketemu jalan keluar nya, anda bisa merestart komputer anda lalu ulangi langkah-langkah menghapus folder Tmp di atas.

Apakah aman menghapus folder Tmp?
         Folder Tmp hanya berisi program-program lama yang disimpan mirip seperti cache pada browser, sangat aman dan sangat disarankan menghapus folder tersebut jika anda menginginkan ruang dan performa tambahan pada laptop atau komputer anda.

Tuesday, July 9, 2024

Motivasi Diet dan Membentuk Tubuh (Pengalaman Pribadi)

kredit: https://www.pexels.com/

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
              Pada postingan saya kali ini saya ingin membahas tentang salah satu pengalaman saya yang mungkin bisa menjadi motivasi bagi anda yang ingin memiliki tubuh ideal atau setidaknya tetlihat ideal. Memiliki badan ideal dengan bentuk tubuh sesuai yang kita inginkan adalah dambaan banyak orang baik dari kaum laki-laki ataupun kaum perempuan, artikel saya kali ini dikhususkan untuk anda yang awalnya merasa memiliki bentuk tubuh yang bisa dibilang gendut dan ingin mengecilkan tubuh serta membentuknya agar terlihat lebih menarik.

Saat saya gendut
               
Saat masih belum bekerja saya memiliki bentuk tubuh yang bisa dibilang ideal hanya saja masih memiliki sedikit lemak pada paha, dari kecil saya ingin menjadi seorang tentara maka dari itu saya rajin olah raga sekitar akhir SMK, tapi apa boleh buat ternyata tinggi badan saya tidak mencukupi untuk mendaftar sebagai tentara, maka dari itu saya tidak melanjutkan niat saya lagi untuk mendaftar sebagai anggota tentara, setelah kejadian tersebut saya beralih cita-cita ingin menjadi seorang pengusaha, tetapi saya memulainya dengan bekerja ikut orang lain terlebih dahulu sebelum nanti melanjutkan niat untuk menjadi pengusaha, saat bekerja saya sering mengalami stress yang membuat saya sering makan banyak dan tanpa disadari ternyata hal tersebut bendampak pada berat badan saya yang menjadi cukup berat sekitar 80 kg an, dengan berat badan seberat itu pakaian yang dulu pas malah menjadi sempit dan kurang nyaman untuk dipakai, saya juga suka kesulitan jika menaiki tangga yang membuat kaki saya menjadi sakit, saya juga ingin sekali memiliki pasangan hidup dalam hidup saya, dan dari situ saya bercita-cita untuk mengecilkan badan saya setidaknya terlihat ideal.

Berusaha mengecilkan badan
                 
Awalnya saya mendapat saran untuk mengecilkan badan dengan melakukan olahraga fitnes, saya mulai mencoba melakukan fitnes di tempat GYM di daerah tempat saya tinggal, tetapi setelah melakukan fitnes beberapa kali, saya belum juga dapat menurunkan berat badan saya, lalu saya memutuskan untuk inisiatif melakukan diet dengan mengurangi porsi makan, jadi setiap saya makan nasi, nasinya saya kurangi setengah dari porsi biasanya, dan jika saya sudah ngemil dan cukup kenyang, saya tidak lagi makan nasi, jadi ngemil bisa jadi pengganti makan, semenjak saya diet berat badan saya mulai mengalami penurunan sedikit demi sedikit, kurang lebih dalam satu bulan berat badan saya turun 1 kg, lalu sambil saya diet saya juga melakukan fitnes, sekitar 1,5 tahun sambil saya masih bekerja secara perlahan dari yang awalnya 80 kg turun jadi 62 kg, selain berat badan saya turun badan saya juga menjadi lebih berisi dan pakaian yang sebelumnya sempit bisa pas lagi dipakai.

Setelah berhasil menurunkan berat badan
                 
Sebenarnya setelah 1,5 tahun saya melakukan diet dan fitnes badan saya belum sepenuhnya ideal, masih terdapat tumpukan lemak pada perut dan paha, saya suka mengonsumsi minuman manis, hal tersebut yang mungkin membuat perut saya masih buncit, jika anda berniat diet agar memiliki bentuk badan ideal, disarankan juga untuk mengurangi minuman dan makanan manis, selain untuk menurunkan berat badan, mengurangi makanan dan minuman manis juga berguna untuk kesehatan kita. Badan saya mungkin belum sepenuhnya ideal, tapi sudah cukup terlihat ideal dan berisi, saya menjadi lebih percaya diri dengan pakaian ukuran L dan berfoto di depan kamera.

               Mungkin sekian artikel saya tentang perjalanan saya menurunkan berat badan secara pelan-pelan, bagi anda yang benar-benar ingin menurunkan berat badan dengan cepat bisa lebih dikurangi lagi  mengonsumsi makannan berlemak dan makanan minuman manis, semoga cita-cita kita untuk memiliki badan ideal dan berisi serta sehat segera terwujud, Amiin.

Beberapa Tools Penting yang Perlu Anda Siapkan Untuk Jadi Programmer

google



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

           Pada artikel saya kali ini saya ingin membagikan tentang tools-tools apa saja yang perlu disiapkan jika anda ingin memulai karir sebagai seorang programmer yang pada kasus kali ini adalah programmer aplikasi seperti mobile dan web. Untuk menjadi programmer anda perlu menyiapkan beberapa tools pada komputer anda guna melengkapi lingkungan kerja anda saat mengembangkan aplikasi mobile atau web, untuk tools-tools yang wajib anda install adalah sebagai berikut:

  1. Code Editor
             
    Code Editor adalah tools utama untuk mengembangkan aplikasi, tools ini berfungsi untuk menulis baris kode yang nantinya akan menjadi sebuah aplikasi utuh, banyak merk Code Editor yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda diantaranya adalah Visual Studio Code, PHP Storm, Web Storm, Atom, dsb.
  2. Aplikasi Pengujian API (Postman)
               
    Selanjutnya adalah tools yang digunakan untuk melakukan pengujian API, API atau Application Programming Interface adalah interface yang menghubungkan aplikasi client dengan aplikasi server, API perlu diuji terlebih dahulu agar response data yang keluar sesuai dengan kebutuhan aplikasi client, contoh aplikasi pengujian API yang paling terkenal dan banyak digunakan programmer adalah Postman.
  3. Database Manager
                 
    Database Manager digunakan untuk management database seperti create, read, update, dan delete data pada database, dengan database manager anda dapat melihat dan memodifikasi database yang terdapat pada local komputer anda atau pada database yang berada pada server online, beberapa tools aplikasi Database Manager yang paling terkenal adalah Navicat, DBeaver, MongoDB Compass, dsb.
  4. Browser
                 
    Tentu saja anda sangat memerlukan browser untuk pengembangan aplikasi anda, browser dapat digunakan untuk pengujian aplikasi web, mencari problem solving, melakukan debugging, dsb. 
  5. Tools Untuk Bahasa Pemrograman
                 
    Bahasa pemrograman tertentu tidak langsung terinstall pada komputer anda, seperti dart anda perlu mendownload dan menginstall nya terlebih dahulu sebelum mengembangkan aplikasi flutter, node js digunakan untuk mengembangkan aplikasi react, dsb.
  6. Aplikasi Pendukung Lainnya (tergantuk aplikasi dan bahasa yang digunakan)
                 
    Aplikasi pendukung digunakan untuk mendukung pengembangan sebuah aplikasi, seperti docker untuk container aplikasi, virtual machine untuk server tambahan pada local computer, Microsoft Visual Studio untuk pengembangan aplikasi windows desktop (yang mana juga bisa digunakan untuk mengembangkan jenis aplikasi lain), dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengembangan aplikasi anda.