Monday, April 24, 2023

Chat GPT, Peluang atau Ancaman?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

           Pada postingan kali ini saya akan mengulas salah satu produk milik salah satu perusahaan bernama OpenAI yang didirikan oleh beberapa tokoh ternama di dunia teknologi, termasuk Elon Musk yang bernama ChatGPT. ChatGPT adalah sebuah program komputer yang menggunakan teknologi artiicial intelligent atau kecerdasan buatan dan pengolahan bahasa alami (natural language processing) untuk melakukan percakapan dengan user atau user, ChatGPT dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti membantu user menyelesaikan tugas, memberikan saran, memberikan informasi, dan lain-lain. Dengan kemampuan yang semakin dikembangkan, untuk kedepannya ChatGPT diharapkan dapat memiliki kemampuan percakapan mendekati manusia sungguhan.

            ChatGPT menggunakan machine learning, khususnya yang digunakan yaitu deep learning, untuk menghasilkan respon yang dihasilkan oleh sistem kemada user. ChatGPT didasarkan pada arsitektur GPT (Generative Pre-trained Transformer), yang merupakan salah satu model deep learning yang paling maju untuk saat ini dan kompleks dalam pengolahan bahasa alami. Model ini dilatih pada data teks besar dan beragam sehingga dapat menghasilkan respon yang lebih alami dan tepat dalam berbagai situasi percakapan. Penggunaan dari machine learning memungkinkan ChatGPT untuk terus memperbaiki diri dan mempelajari pola baru dari data yang diolah oleh ChatGPT, sehingga dapat memberikan respon yang lebih baik dan akurat dalam percakapan dengan user.

Jadi ChatGPT peluang atau ancaman?

           Mengenai apakah ChatGPT peluang atau ancaman sebenenarnya pihak pengembang ChatGPT yaitu OpenAI telah mengantisipasi ancaman-ancaman yang ada sehingga ChatGPT diprogram untuk tidak memberikan informasi yang bersifat negatif seperti tutorial untuk melakukan kejahatan dan informasi-informasi berbahaya lainnya. Jika melihat peluang,seperti yang telah saya singgung sebelumnya, ChatGPT sangat membantu user untuk mengerjakan beberapa tugas atau pekerjaan-pekerjaan di dunia nyata, misal memberikan tutorial atau saran yang hasil dari respon ChatGPT cukup memuaskan seperti contohnya saya yang saat ini bekerja sebagai programmer,  jika saya mengalami kesulitan dalam membangun aplikasi yang sedang saya bangun atau kembangkan, ChatGPT bisa secara cepat memberikan contoh kode yang bisa saya pelajari, sesuaikan, dan terapkan pada kodingan atau pekerjaan saya.

Bagaimana Google dengan adanya ChatGPT

             Dengan adanya ChatGPT, Google tetap menjadi alternatif bagi kita yang ingin mendapatkan informasi melalui internet, ChatGPT memberikan response yang dihasilkan oleh mesin secara cepat dan to the point sedangkan banyak sumber di Google yang sumber informasinya berdasarkan dari referensi manusia sungguhan yang terus melakukan update, jadi bisa disimpulkan ChatGPT dan Google dapat saling melengkapi, semisal kita kurang merasa puas dengan informasi yang diberikan oleh ChatGPT maka kita bisa mencarinya lebih lengkap di Google atau jika kita ingin jawaban singkat dan jelas secara cepat maka kita dapat menggunakan ChatGPT.

          

Previous Post
Next Post

0 Comments: