Sunday, March 19, 2023

Mengenal Bagian-Bagian Pada Laptop (Lenovo g470)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

          Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang bagian-bagian dari laptop, saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman saya saat membongkar laptop saya untuk saya ganti chasing bawah Laptop Lenovo g470, jadi bagian-bagian laptop yang saya bahas di sini adalah bagian-bagian laptop dari Laptop Lenovo g470, tetapi jangan khawatir, karena untuk laptop merk lain rata-rata nama bagian-bagian nya masih sama dengan Laptop Lenovo g470, tetapi mungkin berbeda dengan Laptop Mac, karena saya belum pernah membongkarnya hehe. Laptop adalah komputer portable yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal, mulai dari menonton film, digunakan untuk bekerja, berselancar di internet, dan lain sebagainya. Bagian-bagian pada laptop saling bekerjasama agar laptop dapat digunakan dengan sempurna. Jika anda akan melakukan pembongkaran laptop, anda wajib mengetahui bagian-bagian laptop agar mempernudah anda dalam membongkar laptop, langsung saja berikut bagian-bagian laptop yang wajib anda ketahui sebelum melakukan pembongkaran laptop. 

  1.  Chasing
            
    Pada laptop yang pasti terdapat chasing untuk mengcover bagian-bagian dalam laptop. Pada kasus Laptop Lenovo g470, chasing terdiri dari chasing atas dan chasing bawah, chasing ini disatukan menggunakan sekrup, pada chasing juga terdapat dudukan untuk bagian-bagian dalam laptop dan engsel sebagai penghubung laptop dengan layar monitor. 

  2. Layar Monitor

    layar monitor (blue screen)

    Pada laptop terdapat layar monitor sebagain output visual dan interface antara user dan komputer. Untuk perawatan sebaiknya anda sesekali membersihkan layar laptop menggunakan tisu agar layar tetap bersih dan menampilkan kualitas visual yang bagus, jika terdapat kerusakan pada layar monitor seperti retak atau pecah biasanya akan terdapat bercak hitam dan satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggantinya. 

  3. CD Room

    cd room

    Seperti namanya, CD Room digunakan untuk menaruh DVD ke dalam laptop agar laptop dapat memproses isi dari DVD yang nantinya dapat di lihat isinya di laptop. Pada kasus Laptop Lenovo g470, CD Room disambungkan ke laptop hanta dengan satu sekrup saja yang berada di tengah laptop, anda hanya bisa membuka CD Room ini saat laptop dalam keadaan hidup dengan memencet tombol pada CD Room atau mengeklik tombol CD di layar monitor. 

  4. Hard Disk
             
    hard disk

    Hard Disk adalah salah satu bagian terpenting pada laptop, karena disinilah segala bentuk data termasuk Operating System disimpan, walaupun sebenarnya anda dapat menjalankan OS secara external menggunakan flashdisk atau DVD, tetapi jika anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu lama sebaiknya menyimpan OS pada Hard Disk. Pada Hard Disk biasanya terdiri dari beberapa partisi yang biasanya 2 partisi, jika anda pengguna Windows partisi yang dimaksud adalah data C dan data D. Harga untuk Hard Disk saat membeli baru harganya bermacam-macam, sesuai dengan ukuran dari Hard Disk yang akan dibeli dan merk Hard Disk, untuk ukuran Hard Disk yang biasanya ditemui di pasaran paling kecil adalah sekitar 100 GB dan yang paling tinggi adalah 1 Tera bahkan lebih. 

  5. Motherboard

    mother board

    Bagian selanjutnya pada laptop atau komputer adalah Motherboard. Disebut Motherboard karena bagian ini terdiri dari Board PCB yang terpasang banyak komponen diantaranya: RAM, Processor, Block Charging, dan lain sebagainya. 

  6. Keyboard
              
    Keyboard adalah salah satu bagian input pada laptop selain mouse dan touchpad. Keyboard terdiri dari banyak tombol diantaranya tombol Formula, tombol input Karakter, tombol arah, Enter, Tap, Esc, dan lain sebagainya. 

  7. Touchpad
               
    Touchpad adalah bagian laptop yang biasanya terdapat di depan keyboard dan digunakan sebagai pengganti mouse. Kita dapat memindagkan cursor di layar monitor hanya dengan menggesekkan jari sesuai arah yang kita inginkan, pada Laptop Mac dan Kali Linux biasanya sudah dilengkapi dengan imput Touchpad menggunakan dua jari untuk mempermudah user dalam menyecroll dan menggeaer halaman pada layar monitor, selain itu bagian depat Touchpad juga terdapat dua tombol pengganti tombol kanan dan kiri mouse. 

  8. RAM (Random Access Memory)
                
    Ram adalah kepanjangan dari Random Access Memory. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara selama proses menjalankan segala aplikasi pada laptop, RAM akan menghapus semua data yang belum tersimpan jila laptop dimatikan, jadi sebaiknya anda menyimpan data secara berkala untuk menghindari data hilang secara permanen jika laptop tiba-tiba mati saat digunakan, kecuali tool atau aplikasi yang anda gunakan sudah menggunakan autosave sehingga mengurangi resiko khilangan data anda karena data baru otomatis disimpan oleh aplikasi.

  9. Processor
                
    Selanjutnya adalah Processor. Processor adalah bagian paling penting pada komputer, karena jalannya semua aplikasi dan OS lada komputer diproses di Processor. Karena pekerjaan Processor yang cukup berat dan mudah panas, biasanya Processor dilengkapi dengan sistem pendingin berupa logam untuk menyerap panas dan kipas angin. 

  10. Sistem Pendingin
                  
    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pada laptop terdapat sistem pendingin yang digunakan untuk mendinginkan komponen-komponen utama laptop salah satunya Processor. Pada kasus Laptop Lenovo g470, sistem pendingin terdiri dari logam yang dibaut dan disatukan dengan Main Board dan salah satu ujungnya terdapat sirip-sirip yang mendapatkan aliran udara dari kipas saat kipas laptop menyala, untuk kipas laptop biasanya akan menyala secara otomatis saat dibutuhkan atau kita bisa menyetelnya secara manual di BIOS agar kipas dapat menyala terus saat digunakan. Untuk menambah pendiginan laptop, anda dapat memasangkan kipas external di bagian bawah laptop. 

  11. Loudspeaker
                  
    Terakhir adalah Loudspeaker, komponen atau bagian ini berfungsi sebagai bagian yang menghasilkan output berupa suara. Pada kasus Laptop Lenovo g470, Loudspeaker terdapat dibagian depan dan disambungkan ke Motherboard menggunakan kabel dan port. 

Sebenarnya masih banyak komponen-komponen atau bagian-bagian pada laptop yang belum saya sebutkan, tetapi agar tidak terlalu panjang, saya hanya membahas tentang bagian-bagian utamanya saja atau yang langsung terlihat saat melakukan pembongkaran. 

Semoga_Bermanfaat :-) 

Saturday, March 18, 2023

Pengalaman Menjadi Seorang Programmer

 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
            Pada postingan saya kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya beserta susah senangnya menjadi seorang programmer. Programmer adalah salah satu profesi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis, tugas programmer pada umumnya membangun atau mengembangkan perangkat lunak milik perusahaan atau client yang menggunakan jasa suatu perusaan untuk membuat atau mengembangan software milik client tersebut.

 Pengalaman di perusahaan pertama

            Di perusahaan pertama tempat saya bekerja saya bekerja sebagai mobile developer, di sana saya mengembangkan aplikasi mobile milik perusahaan, sebagai pegawai baru hal yang lumrah jika belum bisa bekerja sesuai harapan perusahaan karena masih perlu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan dan budaya kerja pada tempat kerja baru, tetapi sebagai pekerja kita dituntut untuk beradaptasi secepat mungkin dengan lingkungan dan budaya kerja yang ada agar dapat memenuhi harapan perusahaan, sesekali melakukan kesalahan adalah hal yang lumrah tetapi bukan berarti baik untuk dilakukan, apalagi sampai merugikan perusahaan tempat kita bekerja, sehingga sebisa mungkin kita berusaha untuk tidak melakukan kesalahan dan berusaha memenuhi harapan perusahaan, saya sendiri pernah melakukan beberapa kesalahan di perusahaan pertama, tetapi dengan kesalahan yang pernah saya lakukan, saya dapat belajar dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang, hal paling mengesalkan saat menjadi programmer adalah stuck saat mengerjakan aplikasi milik perusahaan, apakah pusing? ya jelas wkwk, tetapi jika kita berhasil menangani masalah yang sebelumnya sulit untuk dipecahkan, di masa mendatang kita akan lebih mudah untuk menanganinya karena sudah pernah mengalaminya sebelumnya, hal selanjutnya yang membuat saya tegang adalah saat aplikasi sudah dalam tahap production atau sudah di publish, karena akan merugikan perusahaan jika bug yang ditemukan ternyata cukup serius sehingga kita sebagai pengembang perangkat lunak harus bertanggung jawab dengan memperbaiki bug tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan atau kerugian lebih lanjut, maka kita perlu lebih teliti dalam mengembangkan software.

Pengalaman di perusahaan ke dua

              Pengalaman saya di perusahaan kedua tempat saya bekerja saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran berharga, seperti di perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, di sini saya juga mengembangkan aplikasi milik perusahaan, tetapi berbeda dengan perusahaan sebelumnya, di sini saya berperan sebagai fullstack developer dimana selain mengembangkan aplikasi mobile, saya juga ikut serta mengembangkan aplikasi web dan back end, tahun pertama bekerja saya lebih berfokus untuk mengembangkan aplikasi mobile android dan juga web menggunakan socket.io dan di tahun ke dua saya mulai mencoba mengembangkan aplikasi mobile ios menggunakan framework React Native, dan juga  mengembangkan aplikasi Back End menggunakan Laravel dan Golang, untuk pelajaran yang saya dapatkan di perusahaan kedua tempat saya bekerja ini saya mendapatkan pelajaran bahwa kita perlu membedakan teman kerja dan teman biasa, teman kerja hanya sebatas apa perlunya saja saat bekerja, jangan membawa masalah pribadi di pekerjaan dan tetap menjaga hubungan baik antar pekerja agar tetap dapat bekerja dengan nyaman.

Pengalaman di perusahaan ketiga 

               
Selanjutnya pengalaman bekerja saya sebagai programmer di perusahaan ketiga, berbeda dengan kedua tempat kerja saya sebelumnya, pada perusahaan ketiga tempat saya bekerja saya bekerja pada perusahaan software house atau perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan perangkat lunak atau Software, kebanyakan software house berdeda dengan kebanyakan perusahaan layanan, pada perusahaan software house kita dituntut untuk bekerja sesuai target yang telah ditentukan oleh perusahaan dan client yang menggunakan jasa software house tersebut, saya dan teman-teman saya dituntut untuk mengembangkan perangkat lunak dengan cepat dan teliti agar hasil aplikasi yang dipesan oleh client berkualitas bagus dan selesai tepat pada waktunya, memang akan terasa lebih tertekan jika dibanding kita bekerja di perusahaan layanan, tetapi ilmu dan skill kita benar-benar di upgrade jika kita bekerja di perusahaan software house.