Friday, May 27, 2022

Cara Mengganti Baterai Tanam Smartphone Xiaomi Redmi Note 8

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

        Seletelah sekian lama saya tidak memposting sebuah artikel, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu pengalaman saya mengganti baterai Smartphone Xiaomi milik saya sendiri karena baterai lama saya sudah rusak dan sangat tidak layak pakai, sebenarnya saya ingin membawanya saja ke tukang servis hp tetapi karena saya malas mengeluarkan uang dan saya juga ingin lebih belajar lagi di dunia teknologi maka akhirnya saya putuskan untuk mengganti sendiri baterai smartphone saya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  1. Smartphone yang akan diganti baterainya
  2. Baterai smartphone baru
  3. Satu set obeng kembang
  4. silet
  5. hair dryer(jika dibutuhkan)
  6. pinset
  7. lem karet(Castol)
Langkah - langkah
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Matikan Smartphone yang akan diganti baterainya.
  3. Pada kasus tutup chasing belakang smartphone belum terbuka(karena terdorong baterai dari dalam) maka harus dipanasi terlebih dahulu di sepanjang tepi dari tutup chasing guna melemahkan rekatan lem yang melekatkan tutup chasing belakang dengan smartphone, tetapi untuk kasus tutup chasing sudah terbuka sedikit(karena terdorong baterai yang mengembang) langkah tersebut bisa diabaikan.
  4. congkel keluar  sedikit demi sedikit tutup chasing belakang smartphone di sepanjang tepi tutup chasing belakang menggunakan silet, perhatikan bagian dekat kamera, jangan sampai terjadi tutup chasing patah karena terlalu keras mencongkel tutup chasing belakang smatphone, dan congkel seluruh bagian chasing belakang sampai terpisah dari badan smartphone.


  5. Copot port fingerprint.
  6. buka baut-baut yang berada di bagian atas(dekat kamera) baterai menggunakan obeng kembang yang sesuai dengan ukuran + baut, lepaskan baut - baut tersebut dan taruh di tempat yang aman.


  7. Copot cover yang menutup mesin smartphone, lakukan dengan hati-hati jangan sampai tutup mesin tersebut patah, lalu pisahkan dan taruh di tempat yang aman.


  8. Anda akan melihat dua pengikat dengan masing-masing port yang berguna untuk mengunci baterai, congkel perlahan port tersebut menggunakan kuku atau pinset sampai terlepas.


  9. Copot juga port yang menghubungkan daya baterai ke smartphone, lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak port.
  10. Copot baterai lama dan ganti baterai yang lama dengan yang baru, biasanya terdapat lem yang melekatkan baterai dengan smartphone, maka lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak smartphone.


  11. Oleskan sedikit lem karet pada tempat bekas lem yang sebelumnya melekatkan baterai ke smartphone.


  12. Pasangkan baterai baru ke tempat baterai lama yang sebelumnya dilepas

  13. Pasang kembali kedua port yang terhubung dengan pengikat baterai, tekan sedikit sampai dirasa sudah terpasang dan berhasil mengikat baterai.


  14. Pasang kembali port yang menghubungkan daya baterai ke smartphone degan menekannya secara hati hati, jangan terlalu ditekan, cukup sampai kita benar-benar yakin kalau port sudah terpasang.


  15. Pasang kembali cover yang menutup mesin smartphone.


  16. Pasangkan baut-baut yang sebelumnya dilepas guna mengunci cover mesin smartphone.


  17. Oleskan sedikit lem karet di sepanjang tepi dudukan tutup chasing belakang.
  18. Jangan lupa pasang kembali port fingerprint yang sebelumnya dilepas.
  19. Terakhir pasang kembali chasing belakang smartphone lalu hidupkan kembali smartphone anda dan selamat penggantian baterai pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 selesai.


         Sebenarnya cara di atas bisa digunakan untuk bergabai jenis smartphone jaman sekarang yang menggunakan baterai tanam, hanya saja ada beberapa cara yang mungkin berbeda, misak di beberapa merk Smartphone Xiaomi chasing belakang tidak di lem, sehingga kita cukup mencongkelnya saja untuk membuka chasing atau model Smartphone Xiaomi yang tidak dilengkapi fingerprint sehingga tidak perlu melakukan pencopotan port fingerprint.