Saturday, January 30, 2021

7 Bahasa Pemrograman Dan Framework Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Aplikasi Back-End

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
        Selamat malam sobat Blogger, pada postingan saya kesekian kali ini saya akan membahas tentang tujuh bahasa pemrograman yang biasa digunakan perusahaan dan atau startup sebagai Aplikasi Back-End. Sebelumnya saya akan membahas terlebih dahulu apa itu Aplikasi Back-End, Aplikasi Back-End adalah aplikasi yang bertugas mengolah data dari database yang outputnya berupa Rest Api, Rest Api sendiri biasanya berupa url dengan parameter tertentu untuk mengolah data di database melalui Aplikasi Back-End, Aplikasi Back-End berperan penting dalam keamanan data di database, apabila hacker mengetahui API dari sebuah aplikasi dan Aplikasi Back-End nya lemah keamanannya maka akan sangat mudah hacker untuk mengambil akses ke database, langsung saja berikut 7 Aplikasi Back-End yang biasa digunakan di perusahaan dan startup.
 
  1. PHP Native


          Yang pertama adalah PHP Native. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer, sebelumnya PHP digunakan untuk membuat Aplikasi Web dengan menyatukan Script PHP dan HTML, tetapi karena masalah sekuritas atau keamanan maka sekarang PHP dapat berdiri sendiri sebagai Aplikasi Back-End dengan output Rest-API berupa URL, untuk syntax PHP wajib diawali dengan "<?php". Maksud dari Aplikasi Back-End dengan PHP Native adalah Aplikasi Back-End dengan bahasa pemrograman PHP yang masih murni alias bukan berupa framework, kita bisa menulis syntax PHP menggunakan tehnik OOP(Object Oriented Programming) dan Procedural, untuk framework yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP diantara adalah Laravel, Codeigniter, Cake, dan lain sebagainya.

  2. Laravel




    Laravel adalah sebuah framework yang dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Laravel cukup mudah untuk dipelajari dan memiliki sekuritas yang lebih baik jika dibanding dengan PHP Native, jika anda membuat program menggunakan Laravel, akan akan disediakan perintah pada terminal yaitu "Artisan" untuk membuat berbagai macam fitur, saat kita menjalankan perintah "php artisan" pada terminal dengan ditambahkan syntax "make midleware" misalnya, maka secara otomatis Laravel akan membuatkan sebuah fitur "midleware" untuk aplikasi Back-End kita, selain itu masih banyak lagi fitur yang bisa dibangun menggunakan "php artisan", s
    elain itu kita bisa belajar Framework Laravel dimana saja, bisa melalui YouTube, blog, khursus, Bootcamp, dan lain sebagainya. 

  3. Codeigniter




    Selanjutnya adalah Codeigniter. Codeigniter adalah framework yang juga dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, seperti halnya laravel, CodeIgniter atau biasa disingkat CI juga menggunakan konsep MVC(Model, View, Controller). CodeIgniter pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis dan sempat mendapatkan pujian dari pembuat PHP yaitu Lasmus Lerdoft yang menyukai CodeIgniter karena "it is faster, lighter, and teh least like a framework". Untuk dokumentasi, CodeIgniter menyediakan dokumentasi yang cukup lengkap sehingga memudahkan pengembag dalam mengembangkan aplikasi, selain itu CodeIgniter juga memiliki ukuran yang lebih rigan jika dibandingkan dengan framework PHP lainnya.

  4. Lumen




    Lumen adalah salah satu framework yang masih satu saudara dengan laravel. Lumen adalah versi laravel yang telah dikompress sehingga package-package yang kurang dibutuhkan untuk membangun aplikasi back-end tidak disertakan pada Framework Lumen. Untuk instalasinya mirip seperti laravel, kita juga diharuskan untuk menginstall package-package nya terlebih dahulu menggunakan "composer install" dan menjalankan servernya menggunakan "php -S (alamat host) -t public".

  5. Express.js




    Express.js adalah salah satu framework populer saat ini yang biasa digunakan untuk membuat Aplikasi Back-End yang dijalankan menggunakan server Node.js. Express.js dibangun menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, banyak fitur yang disediakan oleh Express.js seperti middleware, O-Auth, Env, dsb. 

  6. Python




    Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer bentukan salah satu Developer Google yaitu Guido van Rossum. Syntax Python memiliki ciri khas tersendiri dibanding bahasa pemrograman lain, salah satunya adalah lebih ringkas, Python juga biasa digunkan perusahaan dan startup sebagai Aplikasi Back-End mereka. Untuk menginstall package-package pada Python, anda bisa menggunakan perintah terminal "pip install (nama package)".

  7. Golang




    Golang adalah bahasa pemrograman yang masih baru bila dibandingkan bahasa pemrograman populer lainnya. Bahasa Go Lang juga dibuat dan dikembangkan oleh Google, Go Lang memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah cepat, mudah dipelajari, dan menyediakan banyak build-in function di dalamnya. Golang adalah bahasa pemrograman yang cukup ketat saat digunakan untuk membangun aplikasi Back-End, kita dituntut untuk membuat program yang bersih dan efisien, bahkan jika kita mengimport package yang tidak digunakan, program Golang kita akan mengalami error.

     Sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman dan framework yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi Back-End, tetapi yang saya bagikan di atas adalah bahasa pemrograman yang terpopuler untuk aplikasi Back-End dan berdasarkan pengalaman kerja saya sebagai developer.
 

Saturday, January 23, 2021

Kolam Renang Watu Ireng: Tempat Berenang Menarik Yang Belum Dikenal Banyak Orang

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

      Di akhir pekan seperti hari Sabtu ini, pasti yang sobat inginkan adalah liburan atau olahraga, jika sobat adalah warga Kulon Progo atau sedang berlibur di Kulon Progo dan ingin melakukan olahraga khususnya renang, sebaiknya sobat mencoba tempat yang satu ini yaitu Kolam Renang Watu Ireng yang lokasinya kurang lebih 200 meter ke barat dari Pasar Clereng, Pengasih, Kulon Progo.


      Saat sobat mengunjungi tempat ini, saat pertama kali masuk sobat akan disuguhkan dengan taman mini yang berada setelah gerbang masuk, di taman mini ini sobat juga disediakan tempat berteduh jika sobat ingin nongkrong bareng teman-teman atau keluarga. Untuk menikmati kolam renang di sini, sobat hanya perlu membayar Rp. 5000,00 dengan kualitas kolam renang yang cukup baik dan kadar kaporit pada air yang tidak terlalu banyak, sehingga tidak menyakitkan mata saat atau setelah renang. Di dalam Kolam Renang Watu Ireng juga disediakan kantin di dalamnya, bagi sobat yang lapar atau haus setelah berenang seharian, sobat bisa membeli berbagai macam dagangan yang dijual di kantin tersebut. 


       Kolam Renang Watu Ireng belum dikenal oleh banyak masyarakat Kulon Progo, mungkin karena lokasinya yang agak ke dalam alias bukan di pinggir jalan raya.Saya sendiri sebelumnya lebih mengenal Kolam Renang Tirta Bantala Sentolo dan Kolam Renang Clereng sebagai tempat berenang karena sudah lebih dikenal banyak orang, tetapi karena mendapat info tempat renang dari teman maka saya dan teman-teman menyempatkan dihari sabtu untuk berenang di Kolam Renang Watu Ireng.

Perikut foto selanjutnya dari tempat ini:


Tuesday, January 5, 2021

Yang Perlu Disiapkan Jika Anda Ingin Memelihara Ayam Kampung

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
        Apakah sobat suka beternak? apakah sobat hidup atau tinggal di desa dan melihat banyak peluang untuk beternak unggas, misalnya ayam? Pada postingan saya kali ini berbeda dengan postingan-postingan saya sebelumnya yang membahas tentang teknologi, pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang apa-apa saja yang perlu disiapkan jika anda berminat dan ingin memulai usaha Ayam Kampung. Langsung saja pasda pembahasan ini dia beberapa hal yang harus anda siapkan jika ingin memelihara ayam kampung.


1. Kandang Ayam
     Tentu saja yang harus dipersiapkan pertama kali jika anda ingin mulai beternak adalah kandang ayam, karena disitulah tempat tinggal ayam anda selama anda pelihara. Untuk ukuran kandang ayam dapat anda sesuaikan dengan jumlah ayam yang akan anda pelihara, jika anda berniat memelihara dalam jumlah ratusan bahkan ribuan, tentu saja anda harus menyiapkan kandang ayam dengan ukurang yang besar, sedangkan jika anda ingin memelihara dengan jumlah yang tidak terlalu banyak misal hanya sebatas untuk hobi atau hanya sebatas coba-coba, anda dapat membeli kandang dengan ukurann yang kecil. Menurut pengalaman saya, saya membeli sebuah kandang ayam berukuran kecil sekitar 1 m x 0,5 m x 0,5 m yang cukup untuk menampung kurang lebih 30 sampai 40 anak ayam yang baru menetas, tetapi karena saya memelihara ayam hanya sebatas untuk sampingan, saya hanya memelihara 10 ekor anak ayam berusia 1 bulan yang saya beli dari tetangga. 

2. Bibit Ayam
   Selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah bibit ayam karena jika anda tidak mempersiapkan bibit ayam sama saja anda tidak memulai memelihara aya hehe. Bibit ayam banyak dijual di pasar tradisional atau pasa khusus jual beli hewan, atau anda bisa membeli ayam dari tetangga yang memelihara, biasanya ayam kampung yang baru menetas dijual dengan harga kurang lebih 5 ribuan. Untuk jenis ayamnya ada bermacam-macam, diantaranya ayam kampung biasa, ayam KUB(Kampung Unggulan Balitnak), ayam Broiler, ayam Joper(Jowo/Jawa Super), ayam petelur jika anda ingin memelihara ayam yang utamanya untuk diambil telurnya, dan lain sebagainya. 

3. Pakan Ayam
    Selanjutnya yang perlu anda persiapkan adalah pakan ayam. Sebenarnya ayam termasuk hewan Omnivora atau pemakan segalanya, tetapi jika anda berniat untuk memelihara ayam untuk dijual kembali anda perlu memberi pakan ayam yang mengandung banyak gizi seperti BR, Polar, dan Katul, anda juga harus memberinya gizi pada minumannya menggunkana Vitachick yang biasa dijual di penjual pakan ternak seharga 2000 rupiah perbungkus kecil, anda bisa mencampurnya sebanyak setengah sendok teh dicampur dengan air setiap memberi minum ke ayam dengan jumlah 20 ekor ayam kecil atau menyesuaikan jumlah ayam yang anda miliki untuk jumlah Vitachick nya. 

4. Pasar Penjualan Ayam
    Selanjutnya jika anda memang berniat untuk memelihara ayam untuk dijual kembali, anda harus tahu pembeli ayam yang anda belihara di sekitar anda dan pastikan anda tahu harga ayam dipasaran agar tidak mengalami penipuan atau kerugian saat menjual ayam anda saat sudah layak dijual. 

5. Mesin Penetas Telur Ayam
     Jika anda berniat untuk memelihara ayam dalam jumlah besar dan berharap hasil yang anda harapkan lebih besar, anda mungkin akan membutuhkan mesin penetas ayam, dengan mesin penetas ayam anda akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya jumlah keberhasilan penetasan telur ayam lebih besar, penetasan dapat dilakukan secara terus menerus tanpa kawatir oleh kondisi cuaca yang ada, kualitas telur lebih baik dan terkontrol alias tidak banyak terkontaminasi bakteri, dan tingkat hidup anak ayam setelah menetas lebih tinggi karena suhu saat ayam menetas tidak terlalu extrem. 

6.Persetujuan Tetangga
     Yang terakhir adalah persetujuan tetangga. Hal ini tidak kalah penting apabila anda memeliharanya dalam jumlah banyak dan memberinya rumah tersendiri diluar rumah, karena seperti yang kita ketahui jumlah ayam yang banyak pasti menghasilkan kotoran ayam yang banyak pula yang akan memberikan dampak negatif berupa bau kotoran ayam, jika tetangga anda tidak setuju jika anda memelihara ayam dalam jumlah besar di dekat rumah anda, anda sebaiknya mencari tempat lain untuk memelihara ayam, tetapi berbeda jika anda hanya memelihara ayam dalam jumlah sedikit dan kandang ayam menyatu atau berada di dalam rumah anda, anda bahkan tidak perlu izin dari tetangga karena tidak akan terlalu berdampak bau di udara sekitar akaibat bau kotoran ayam. 

Monday, January 4, 2021

5 Tempat Wisata Di Batam Yang Menarik Untuk Dikunjungi



Assalamualaikum Wr. Wb.
           Selamat siang Blogger mania, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa tempat wisata di Batam yang menarik untuk dikunjungi. Batam adalah sebuah pulau kecil yang berada di Provinsi Riau sebelah selatan Singapura, saya sendiri pernah merantau ke Batam dan berwisata di beberapa tempat di sana, banyak tempat wisata di sana diantaranya pantai, mall, dsb. Di Batam banyak pabrik-pabrik yang mana karyawannya banyak dari daerah lain.

Berikut tempat wisata menarik yang ada di Batam...

1.Pantai Mubut Darat


Pantai ini terletak di Pulau Mubut Batam, untuk sampai di pantai ini anda harus menyebranginya menggunakan kapal yang telah disediakan, di Pantai ini anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah. Di sisi pantai ini terdapat semacam tugu menyerupai pintu masuk yang bertuliskan "Wellcome Mubut Barat Island" yang biasanya digunakan para wisatawan untuk background dalam mengambil foto. 

2. Jembatan Barelang


Tempat keren selanjutnyan yang wajib anda kunjungi saat berada di Batam adalah Jembatan Barelang. Di tempat tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, selain pemandangan jembatan panjang nan megah yang menghubungkan dua pulau kecil, pemandangan lautan sejauh mata memandang juga sangat sayang untuk dilewatkan. Jembatan Barelang menjadi Icon Pulau Batam dan sering dikunjungi oleh pendatang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang merantau di Pulau Batam. 

3. Nagoya Hill


Nagoya Hill adalah salah satu mall terbesar di Pulau Batam. Di Nagoya Hill anda dapat berbelanja apapun yang anda inginkan, mulai dari pakaian, barang elektronik, makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Saat anda memasuki area Nagoya Hill, anda akan melihat mall besar yang dikelilingi oleh jalan memutar, dan saat anda memasuki mall tersebut, anda akan terpesona dengan interior megah di dalamnya. 

4. Batam Center


Tempat selanjutnya yang wajib anda kunjungi saat berada di Batam adalah Batam Center. Di sini terdapat bangunan tulisan besar bertuliskan "Wellcome To Batam", di tempat inilah biasanya para pendatang atau wisatawan befoto menggunakan background bangunan tulisan tersebut. Di Batam Center juga terdapat Masjid Agung Batam, pasar dengan deretan jajanan, Batam Center Park, dan lain sebagainya. 

5. Pantai Mirota


Selanjutnya adalah Pantai Mirota. Seperti pantai lainnya di Pulau Batam, pantai Mirota juga menyajikan keindahan alam yang luar biasa, berbeda dengan Pantai Mubud Island, di Pantai Mirota anda tidak perlu menyebrangi lautan menggunakan perahu untuk sampai di Pantai Mirota karena pantai ini berada setelah Jembatan Barelang. Pantain Mirota cukup terawat dan bersih, tersedia bebagai fasilitas di sana, seperti Banana Boat, olahraga air, sewa pelampung dan gazebo, dan lain sebagainya, selain itu disana juga disediakan penginapan.