Sunday, September 29, 2019

Beberapa Jalan Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Seorang Programmer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
          Di era digital saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi yang menggunakan teknologi digital dalam menjalankan model bisnisnya atau mempermudah dalam melakukan pekerjaan tertentu. Programmer adalah seseorang yang memiliki profesi dalam membuat sebuah project program dan segala hal di bidang digital berupa software, karena banyaknya permintaan calon programmer dari berbagai perusahaan dan instansi, membuat programmer menjadi profesi yang cukup menjanjikan di era digital saat ini.

           Untuk anda yang ingin sekali menjadi programmer, hal tersebut tidaklah sulit selagi anda memiliki kemauan yang keras dalam berusaha. Di sini saya akan memaparkan beberapa jalan bagi anda yang ingin menjadi seorang programmer.



  • Sekolah/kuliah di jurusan IT

          Jalan pertama bagi anda yang ingin mendalami ilmu percodingan alias programming, anda bisa memuilainya dengan memasuki sekolah di jurusan IT. Sekolah yang saya maksud di sini seperti SMK jurusan RPL, kuliah di jurusan Sistem Informasi, kuliah di jurusan Informatika, dsb. Di sekolah khusus IT tersebut anda bisa mempelajari ilmu programming dengan lebih luas, dengan dibimbing dosen anda akan diarahkan tentang bagaimana cara menjadi programming yang handal.

  • Mengikuti khursus programming 
          Jalan yang kedua adalah mengikuti khursus programming atau coding. Saat ini banyak sekali organisai yang menyediakan pelayanan khursus pemrograman, seperti Hactiv8, Bitlab, Bootup Academy, dan lain sebagainya yang mana anda harus membayar sejumlah uang untuk khursus tersebut, atau jika anda ingin belajar dengan lebih murah, ikuti saja khursus online seperti Pintaar, Pixel Ninja, dsb. yang mana anda juga diharuskan membayar sejumlah uang hanya saja lebih murah karena online.
  • Mengikuti BootCamp
         Selanjutnya bagi anda yang tidak punya uang bisa mengikuti beasiswa yang diadakan bootcamp, seperti Bootcamp Arcademy dan Bootcamp Dumbways. Untuk mendapatkan beasiswa bootcamp tersebut anda diharuskan melakukan beberapa tahap seleksi dengan aturan tertentu yang akhirnya jika anda lulus anda akan mendapatkan beasiswa Bootcamp tersebut, tetapi ini bukan berarti gratis, karena anda diharuskan melakukan bagi hasil gaji(income sharing) dalam jangka waktu tertentu.
  • Belajar otodidak
         yang terakhir jika anda benar-benar tidak punya uang dan tidak ingin bermodal banyak, anda bisa belajar sendiri programming secara otodidak, banyak sekali tutorial-tutorial yang tersedia di google dan you tube, anda bisa mencarinya sendiri. Mungkin anda akan sedikit kesulitan dengan cara ini karena tidak adanya mentor atau guru yang membimbing anda dalam belajar, tetapi selagi kita memiliki keinginan, terus berusaha, dan berdo'a maka bisa saja kita menjadi programmer handal tanpa ijazah.

       kalau pengalaman pribadi saya, saya belajar tentang programming sedikit-demi sedikit, lalu saya melihat iklan sebuah BootCamp yang menawarkan pelatihan coding yang mana setelah selesai melakukan pelatihan dalam kurang lebih 1,5 bulan, saya akan disalurkan atau dicarikan kerjaan sama penyalur di BootCamp, tetapi walau bagaimanapun skill andalah yang akhirnya dihargai sekalipun anda bukan lulusan Universitas, tetapi jika anda memiliki sertifikat seperti ijazah misalnya, maka sertifikat tersebut akan mendapat nilai lebih di hadapan HRD yang nantinya akan merekrut anda.


Wassalammu'alaikum Wr. Wb.