Saturday, December 22, 2018

Cara Membuat Blog dari Blogger



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
           Untuk beberapa dari sobat yang ingin memulai hobi menulis blog dan ingin mendapatkan penghasilan berupa uang melalui blog anda, yang pertama kali harus ansa lakukan asalah memiliki sebuah blog. blog yang kita miliki bisa diisi dengan apapun sesuai kemauan kita, kita bisa mengisinya dengan artikel, online shop, gambar, video, atau hal lain sesuai kemauan kita. Pada postingan saya kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat sebuah blog menggunakan Blogger dari Google dan cara memonetisasinya(menguangkannya), karena blog yang akan dibuat nanti menggunakan layanan Blogger maka url yang digunakan akan menggunakan subdomain blogspot.com.



Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger
  1. Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu, karena ini adalah syarat utama sebelum membuat sebuah blog dari Blogger, anda bisa langsung membuat akun gmail di sini dan ikuti langkah - langkahnya.
  2. Langkah yang kedua adalah mendaftar blog di blogger melalui www.blogger.com, atau anda bisa langsung mendaftar di sini. Pada halaman awal blogger.com terdapat tombol untuk login di sebelah pojok kanan atas, klik tombol tersebut maka anda akan masuk ke halaman selanjutnya yang mengharuskan anda untuk memberi nama blog anda, memilih templat, mengisi artikel pertama anda, dsb.
  3. Selanjutnya karena templat yang anda stel sebelumnya adalah bawaan blogger dan terkesan sederhana maka anda perlu templat lain yang lebih bagus agar halaman blog anda terlihat lebih indah dan tertata, anda bisa mencari templat tersebut di Google dengan mengetikkan "download templat blogger", templat yang saya sarankan di sini adalah templat SEO friendly responsif, saya menyarankannya karena tampilannya yang sederhana, indah, dan tertata, serta tidak banyak atribut yang dipasang pada templat SEO friendly responsif tersebut.
  4. Terapkan templat SEO friendly responsif yang telah didownload sebelumnya, pasang templat tersebut dengan mengunjungi halaman dashboard blogger.com, cari pilihan tema dan klik tombol backup/pulihkan, klik tombol pilih file dan cari template yang sebelumnya anda download di memori penyimpanan anda, pilih template anda dan terapkan. 
  5. Template yang anda terapkan belum bisa dikatakan sempurna dan masih terkesan berantakan, banyak tab - tab yang tidak perlu sehingga harus dihilangkan, banyak bagian-bagian yang kurang tertata sehingga perlu di tata, anda bisa mengedit dokumen blog anda di tombol edit HTML, sehingga blog anda terlihat lebih rapi.
  6. Terus lakukan aktivitas blogging dengan menulis artikel sesuai dengan kesukaan atau hobi anda, artikel yang anda tulis tidak boleh copas alias harus asli tulisan anda sendiri, usahakan artikel anda menarik dan tidak melanggar kebijakan Google Adsense dan memiliki setidaknya 15 artikel(lebih banyak lebih baik) jika anda ingin menguangkannya nanti via Google Adaense.
  7. Selanjutnya pasang TLD(Top Level Domain) pada URL blog anda, TLD adalah bagian URL yang digunakan oleh orang yang berusaha menemukan blog anda di internet, contoh: www.cnn.com maka TLD nya adalah .com nya, domain bawaan blogger masih menggunakan subdomain .blogspot.com, dengan memberi TLD pada blog anda dengan .com, .net, .co.id, dan lain sebagainya maka blog anda terlihat lebih terpercaya dan lebih mudah dalam mencarinya. Anda dapat membeli domain di tempat hosting seperti ID Web Host atau tempat hosting lain dengan mengunjungi kantornya langsung atau via online.
  8. Jika blog yang anda miliki sekiranya sudah bagus maka anda tinggal mendaftarkan blog anda ke Google Adsense dengan mengunjungi websitenya, jika anda beruntung mungkin dalam seminggu dua minggu blog anda sudah di approve, jika belum biasanya pihak Google akan memberikan email tentang hal apa saja yang perlu diperbaiki dan anda di anjurkan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
  9. Jika blog anda sudah disetuiui maka selamat anda sudah menjadi Blogger yang mulai berpenghasilan yang mana penghasilan anda baru bisa dicairkan setelah mencapai ambang batas pembayaran yaitu 100 dolar atau Rp13.000.000 jika belum berubah.
Sekian, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih:-)
Previous Post
Next Post

0 Comments: