Wednesday, September 5, 2018

Perbedaan Amphere dan Voltage



Assalamualaikum Wr. Wb.
         Pada ilmu elektronika dasar terdapat yang namanya kuat arus dan tegangan arus. Arus yang dimaksud disini adalah arus listrik atau aliran elektron yang terdapat pada rangkaian listrik yang mana satuan dari kuat arus listrik adalah Amphere dan satuan dari tegangan arus listrik adalah Volt(Voltage), diantara keduanya memiliki perbedaan khusus diantaranya adalah sebagai berikut:

Tegangan atau Voltage
          Tegangan listrik adalah tegangan yang diberikan pada elektron saat arus listrik mengalir. Jika diibaratkan dengan aliran air, tegangan adalah dorongan yang diberikan kepada air tersebut yang terdapat di bagian awal dari arus aliran air sehingga jika tegangan tersebut sampai di akhir aliran maka dapat mengeluarkan dorongan sebanding dengan dorongan yang diberikan dibagian awal tadi. Jadi bisa disimpulkan bahwa tegangan listrik adalah seberapa kuat dorongan yang diberikan kepada elektron pada sebuah aliran arus listrik yang mana memiliki satuan Volt, contoh: 220 volt pada input atop kontak rumah dan sekitar 12 Volt pada output aki motor.

Kuat arus atau Amphere
           Selanjutnya adalah kuat arus listrik, berbeda dengan tegangan, kuat arus listrik adalah jumlah elektron setiap detik pada sebuah aliran listrik. Jika diibaratkan aliran air, kuat arus adalah jumlah debit per detik air yang melewati sebuah paralon atau bisa disebut juga kecepatan aliran listrik. Satuan dari kuat arus listrik adalah Amphere berlambang "A", pada dua atau lebih charger HP dengan voltage sama, semakin besar amphere charger maka akan semakin cepat pengisian.

Sekian, semoga bermanfaat:-)