Thursday, August 16, 2018

Mengenal Sinar Laser

Assalamualaikum Wr. Wb.
          Setelah sebelumnya saya mempostingkan tentang cara kerja speaker, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan mekanisme dari sinar laser, dan kenapa sinar laser dapat memotong sebuah benda walaupun sekeras baja. Laser adalah kepanjangan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, sebenarnya sinar laser hampir sama seperti cahaya tampak pada umumnya, hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuat sinar ini begitu istimewa. Untuk mekanismenya adalah sebagai beeikut..

sinar laser


Mekanisme sinar laser
        "Sinar laser dipancarkan oleh transmitter, jika pada sinar biasanya gelombang elektromagnetiknya di sebarkan berbeda dengan sinar laser yang gelombang elektromagnetiknya dipusatkan. Mekanismenya hampir sama seperti saat kita melakukan percobaan dengan kaca pembesar yang memusatkan sinar matahari sehingga cahaya matahari yang dipusatkan tersebut menjadi panas sehingga dapat membakar sebuah kertas."

        Sinar laser banyak digunakan untuk membantu kebutuhan manusia seperti yang digunakan pada pabrik elektronik untuk memberi logo pada sebuah produk dengan membuat goresan bekas terbakar pada produk tersebut, sinar laser juga dapat digunakan untuk mengukur jarak sebuah planet dari bumi dengan mengirimkan sinar tersebut dan memantulkannya kembali sehingga didapatlah jarak dari bumi dengan planet tersebut, bisa juga untuk kebutuhan militer sebagai cahaya laser, dan masih banyak lagi kegunaan dari sinar laser.

##Semoga_Bermanfaat##
Previous Post
Next Post

0 Comments: