Thursday, August 16, 2018

Mengenal Sinar Laser

Assalamualaikum Wr. Wb.
          Setelah sebelumnya saya mempostingkan tentang cara kerja speaker, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan mekanisme dari sinar laser, dan kenapa sinar laser dapat memotong sebuah benda walaupun sekeras baja. Laser adalah kepanjangan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, sebenarnya sinar laser hampir sama seperti cahaya tampak pada umumnya, hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuat sinar ini begitu istimewa. Untuk mekanismenya adalah sebagai beeikut..

sinar laser


Mekanisme sinar laser
        "Sinar laser dipancarkan oleh transmitter, jika pada sinar biasanya gelombang elektromagnetiknya di sebarkan berbeda dengan sinar laser yang gelombang elektromagnetiknya dipusatkan. Mekanismenya hampir sama seperti saat kita melakukan percobaan dengan kaca pembesar yang memusatkan sinar matahari sehingga cahaya matahari yang dipusatkan tersebut menjadi panas sehingga dapat membakar sebuah kertas."

        Sinar laser banyak digunakan untuk membantu kebutuhan manusia seperti yang digunakan pada pabrik elektronik untuk memberi logo pada sebuah produk dengan membuat goresan bekas terbakar pada produk tersebut, sinar laser juga dapat digunakan untuk mengukur jarak sebuah planet dari bumi dengan mengirimkan sinar tersebut dan memantulkannya kembali sehingga didapatlah jarak dari bumi dengan planet tersebut, bisa juga untuk kebutuhan militer sebagai cahaya laser, dan masih banyak lagi kegunaan dari sinar laser.

##Semoga_Bermanfaat##

Monday, August 13, 2018

Penelusuran Alam: Lomba Malam Penuh Cerita

Assalamualaikum Wr. Wb.
        Sukakah sobat dengan lomba 17 san? Jika anda suka saya juga suka, di tahun 2018 ini saya mengikuti sebuah lomba 17 san yang dinamakan penelusuran alam, sebenarnya nama dari lombanya adalah jerit malam, tetapi karena saat rapat lomba dilakukan ada yang mengatakan jika jerit malam dimasa lalu dinamakan penelusuran alam sehingga diganti menjadi penelusuran alam, langsung saja saya ceritakan lomba yang sebelumnya saya dan teman-teman saya ikuti.




         Di malam minggu penelusuran alam diadakan, pendaftaran dimulai pukul 19:30 dan setiap peserta yang ingin mengikuti lomba harus terdiri dari tiga orang dalam satu tim, tetapi karena saya belum menyiapkan tim saya sebelumnya salah satu tim saya harus diisi oleh seorang anak kecil. Setiap anggota diharuskan membawa alat tulis sendiri, membawa senter, mengumpulkan handphone, dan membawa map yang telah disediakan. Perlombaan pun dimulai pukul 8 lebih dan karena tim saya nomor 6 sehingga tim saya keluar belakangan, terdapat dua pos yang telah ditandai pada map dan dua pos lagi letaknya ditandai dengan suara kentongan. Tim saya menuju utara dan setelah sampai di pos maka disuruh untuk mencari kertas petunjuk di kebon dan setelah tim saya menemukannya terdapat tulisan untuk mengambil soal ke rumah dekan dengan kebon tersebut. Soal - soal yang diberikan cukup sulit tetapi akhirnya dapat terjawab walau beberapa soal terpaksa diisi ngawur haha:-D



          Selanjutnya saya dan teman saya menuju ke selatan, saat saya ingin menujunke pos yang ada di peta saya dan teman se tim saya mendengar suara kentongan dan langsung mencari sumber dari kentongan tersebut, karena sangat sulit menemukannya maka saya dan teman saya terpaksa mencarinya dengan susah payah bolak balik mencari sumber suara, dan akhirnya ketemu sumber suaranya. Di pos ini saya dan teman saya diharuskan menebak bau benda yang ada di dalam tabung bambu kecil, saya dan teman-teman saya cukup kesulitan sehingga tidak semua jawaban terisi dengan benar.

             Selanjutnya saya menuju pos satunya yang ada di peta, di pos ini kami diberikan sebuah denah yang menunjukkan letak dari soal, setelah kami menemukan ketas tersebut ternyata kertas tersebut kosong, kami pun hanya bisa menebak jika maksud dari kertas itu adalah kita disuruh menebak jenis daun atau pohon apa yang dijadikan tempat menempel dari kertas tersebut, seperti di pos-pos sebelumnya kami di pos ini juga cukup kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Kelompok lain malah kehabisan baterai senter sehingga terpaksa harus mengikuti kelompok kami. Di tengah perjalanan menuju ke pos berikutnya, kami malah mendapat gonggongan anjing dari rumah tetangga sehingga membuat beberapa dari kami ketakutan. Kami pun sampai di tengah sawah, di sanq kami mendengar suara kentongan lagi, kita pun berusaha untuk mencari asal suara kentongan tersebut, dalam pencarian, kami sampai masuk ke daerah pepohonan dan akhirnya ketemu juga asal dari suara kentongan.

          Di pos ini kami diberikan soal berupa teka teki silang, seperti soal-soal sebelumnya, soal yang diberikan tidak bisa dikatakan mudah sehingga tidak semua soal terjawab, sekalipun terjawab harus diisi dengan ngawur. Akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke tempat awal dan batas waktu pun berakhir, di sini jawaban soal diberikan yang ternyata banyak jawaban dari tim kami yang salah, sehingga kami gagal menjadi juara:-( walau begitu kami sudah senang karena sudah ikut memeriahkan acara 17 san:-)

Sekian, banyak kurangnya minta maaf, dan terima kasih:-)

Saturday, August 11, 2018

Trik Untuk Melihat Gelombang Inframerah

Assalamualaikum Wr. Wb.
         Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah trik bagi anda yang ingin melihat sinar inframerah dan penasaran sinar inframerah itu seperti apa sih? Sinar atau cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarakan dan banyak digunakan oleh manusia untuk membantu kebutuhan mereka, sedangkan sinar inframerah banyak digunakan untuk mengirim sinyal seperti pada remote control televisi. Pada artikel yang saya tulis berikut adalah bagaimana caranya melihat sinar inframerah, berikut caranya...

Sinar inframerah dari remote TV


Cara melihat sinar inframerah...

1.Siapkan remote control televisi dan kamera smartphone.

2.Nyalakan kamera depan smartphone

3.Pencet tombol pada remote
control(tombol apa saja) dan tahan.

4.Arahkan pemancar sinar inframerah di bagian depan remote ke depan kamera smartphone.

5.Jika berhasil anda akan melihat cayaya ungu yang berbentuk suatu pola pada pemancar cahanya yang berada di depan remote control, pastikan baterai cukup dan remote tidak dalam keadaan rusak

Sekian, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih:-)

Wednesday, August 8, 2018

Alur Cerita God of War 1 - 3


Assalamualaikum Wr. Wb.
           Apakah sobat tahu game yang satu ini? Game ini terkenal dengan grafiknya yang busa dibilang sangah dahsyat, tokoh utama dalam game ini adalah Kratos yang dikisahkan sebagai Dewa Perang. Game ini mengambil tema dari dewa dewi Yunani seperti Zeus, Hermes, Hercules, dsb. Lalu bagaimana alur cerita dari game ini..

Alur Cerita God of War
       Pada awalnya Kratos hanyalah prajurit biasa, dia adalah anak haram dari Zeus dan memiliki seorang adik bernama Daemos, Kratos dan Daemos berpisah sejak kecil karena suatu kejadian. Kratos yang awalnya hanya prajurit biasa terus menaikkan pangkatnya hingga menjadi pemimpin tertinggi dan suatu saat Kratos dan pasukannya harus menghadapi pasukan yang dipimpin oleh Barbarian King, saat Kratos hampir saja mati  karena melawan Barbarian King, Kratos memanggil Ares si "Dewa Perang" dan ares memberikan sepasang pedang yang bernama "Blade of Chaos" dengan imbalan Kratos akan mengabdikan dirinya kepada Ares, dan Kratos pun berhasil mengalahkan Barbarian King dengan memutus kepalanya.

            Saat Kratos mengabdikan diri kepada Ares, Ares memerintahkan Kratos untuk membunuh penduduk di suatu tempat yang ternyata tempat tersebut terdapat istri dan anaknya yang ikut terbunuh, dewa dewi Yunani pun tidak terima yang malah menugaskan Kratos untuk membunuh Ares, petualangan pun dimulai dalam game "God of War 1" Kratos melawan banyak big boss diantaranya Hydra, Medusa, dsb. yang akhirnya kratos berhasil membunuh Ares.
Setelah Ares mati tidak ada yang menduduki jabatan sebagai dewa perang, sehingga Kratos ditunjuk sebagai dewa perang yang akan terlihat jelas di God of War 2.

             Pada video openig God of War 2 Kratos duduk di dalam singgasananya, setelah Kratos mendengar pasukan Sparta meminta bantuan kepadanya lalu Kratos memutuskan untuk turun ke bumi dan menolong para Spartan, saat Kratos berada di bawah, Zeus yang menyamar sebagai burung elang mengambil kekuatan Kratos dan menaruh kekuatan tersebut ke patung Colossus sehingga membuat Kratos mengecil hingga seukuran manusia biasa. Selanjutnya Kratos dipaksa bertarung dengan Patung Raksasa Colossus dan berhasil mengalahkannya, tetapi setelahnya Kratos malah dibunuh oleh Zeus dan masuk Tartarus(semacam neraka), selanjutnya Kratos berhasil hidup lagi dan meneruskan misi untuk membunuh para dewa dewi Yunani untuk membalas dendam. Di God of War 2 Kratos berhasil membunuh banyak big boss seperti Hermes, Barbarian King(yang dulu sudah dibunuh oleh Kratos tetapi saya tidak tahu kenapa hidup lagi), dll. Terakhir di ending God Of War 2, Kratos berhasil dibunuh lagi oleh Zeus, setelah masuk ke Tartarus lagi, dia bertemu dengan para titan yang dipimpin oleh Gaia, Gaia menjanjikan untuk menghidupkan Kratos kembali jika Kratos sepakat untuk bekerja sama dengan Gaia dan para Titan untuk melawan para dewa, akhirnya Kratos pun setuju dan hidup kembali. 

           Selanjutnya di God of War 3, Kratos bersama para titan menyerang kediaman para dewa yaitu Gunung Olimpus, di tengah pejalanan Kratos malah berkhianat dan membiarkan Gaia jatuh dari gunung Olimpus, di God Of War 3 Kratos berhasil membunuh banyak dewa seperti Poseidon, Hades, Hermes, dll. bahkan titan raksasa Cronos, dan akhirnya Kratos bertemu dengan ayahnya yaitu Zeus dan pertarungan yang hebat pun dimulai. Di tengah pertarungan Pandora malah masuk ke dalam api berwarna biru yang membuat api tersebut mati, yang sebelumnya sempat dicegah oleh Kratos. Selanjutnya dalam pertarungan Kratos dan Zeus mereka bertemu dengan Gaia yang sebelumnya dibiarkan jatuh oleh Kratos, Gaia berusaha membunuh Kratos dan Zeus tetapi mereka berhasil masuk ke dalam tubuh Gaia dan bertarung di dalamnya, dipenhujung pertarungan Kratos dan Zeus berebut pedang yang mana Kratos berhasil merebut pedang dan menusukkannya ke tubuh Zeus sekaligus ke jantung Gaia sehingga mereka berdua mati.

           Di akhir cerita Kratos bertemu dengan Athena, dia mengatakan jika yang membuat Zeus menjadi jahat karena Kratos sebelumnya membuka Kotak Pandora saat melawan Ares yang mana malah membebaskan dua energi yaitu jahat dan baik, tetapi energi jahat malah masuk ke tubuh Zeus, selanjutnya Kratos mengatakan jika balas dendamnya telah berakhir dan bunuh diri dengan menusukkan Blade of Olimpus ke tubuhnya yang membuatnya mendapatkan luka menganga, Athena meninggalkannya, di scene terakhir ditunjukkan kratos sedang terluka dan kamera menjauhinya, setelah kamera mendekatinya lagi Kratos sudah tidak ada. Tamat.

Sekian, mungkin ceritanya kurang lengkap atau banyak yang salah saya mohon maaf, saya hanya bisa menceritakan sebisa saya, dan akhir kata terima kasih:-)