Sunday, August 6, 2023

Pengalaman Pribadi Saya Bekerja Di McDonald's




Assalamu’alaikum Wr.Wb.
         Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan salah satu pengalaman saya saat saya bekerja di salah satu restoran makanan cepat saji yaitu McDonald’s, setelah saya mempostingkan pengalaman kerja saya sebelumnya yaitu saat saya bekerja di Yokogawa Manufakturing Batam.
 
         Setelah saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sebelumnya yaitu Yokogawa Manufakturing Batam dengan alasan kondisi kesehatan saya yang kurang memungkinkan untuk bekerja, saya memutuskan untuk bekerja di salah satu restoran cepat saji di daerah dekat rumah saya yaitu Yogyakarta, setelah saya menganggur kurang lebih 3 bulan saya memutuskan untuk bekerja di daerah yang dekat dengan rumah saya tepatnya di McDonald’s Jombor Sleman, saya menemukan lowongan di sana saat saya menjelajah daerah Jogja dan sekitarnya yang akhirnya saya memutuskan untuk melamar dan akhirnya bekerja di McDonald’s Jombor, saat pertama bertemu dengan manager saya langsung di interview dan hari selanjutnya langsung OJE(Kepanjangan dari “On Job Experients”, istilah di sana yang berarti bekerja selama 5 jam dalam sehari untuk berkenalan dengan pekerjaan di sana), saat OJE saya mengawali pekerjaan saya di loby dengan membantu mengepel, menyapu, membersihkan cendela, membuang sampah, dsb. dan setelah OJE selesai saya boleh menikmati break yaitu satu porsi nasi, ayam, dan segelas soda.
 
         Di hari kedua, saya sudah bisa mengawali pekerjaan saya sebagai crew PKWT(pegawai waktu tertentu) dengan seragam training yaitu hitam putih, sistem gaji di sana adalah harian dan akan dibayarkan dua kali dalam sebulan. Setelah berjalan beberapa hari saya sudah diperbolehkan untuk pindah station ke masak ayam, di sana masak ayamnya sudah menggunakan mesin yang mana dapat memasak dengan jumlah banyak, tetapi tidak seperti yang saya kira yang mana ternyata memasak di sana benar – benar melelahkan karena harus memindahkan ayam dalam jumlah besar yang ada di dalam keranjang karena dengan cara seperti itu memasak menjadi lebih cepat.
 
         Sebenarnya masih banyak station atau bagian yang dikerjakan oleh karyawan di sana seperti mengerep atau mencetak nasi, memasak patty, memasak telur, memasak kentang, dsb. tetapi saya masih belajar untuk station atau bagian yang lain sehingga biasanya saya hanya mengerjakan pekerjaan di loby dan masak ayam. Untuk pekerja wanita di sana tidak di disuruh mengerjakan pekerjaan yang berat, pekerja wanita di sana biasanya memegang counter atau bagian kasir, drive thru, dan pekerjaan ringan lainnya. Jenjang karir di sana sebenarnya juga cukup menjanjikan, setelah menjadi crew PKWT karyawan bisa berkesempatan menjadi crew full-time atau pegawai tetap, setelah itu juga bisa berkesempatan menjadi Crew Leader, dan jika memang benar – benar bagus setelah menjadi CL atau Crew Leader, karyawan bisa menjadi Manager, walaupun jabatan manager sebenarnya bisa diduduki menggunakan ijazah sarjana.
 
        Setelah beberapa minggu bekerja di sana akhirnya saya sudah dibolehkan memakai seragam McDonald’s yang berwarna abu – abu untuk baju dan celana levis hitam. Sebenarnya saya sudah boleh memegang station kasir tetapi karena saya belum menguasai station tersebut maka saya memegang station yang lain dulu sambil belajar. Manager di sana mempunyai banyak tugas diantaranya: membuat jadwal, menghitung pemasukan, membantu kru dalam bekerja, dsb. sragam yang digunakan oleh manager berwarna putih kebiru – biruan untuk baju dan hitam untuk celana.
 
        Sekian sedikit pengalaman saya saat saya bekerja di McDonald’s, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih. 
Previous Post
Next Post

0 Comments: