Saturday, October 14, 2017

Mengenal Marketing Mix


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
         Bagi yang bekerja di bidang manajemen pemasaran pasti sudah tahu apa itu bauran pemasaran atau marketing mix. Marketing mix adalah senjata yang digunakan suatu perusahaan guna menjual produknya agar mudah laku di pasaran, marketing mix sendiri terdiri dari kombinasi 4 variabel yaitu harga(price), produk(product), tempat/distribusi(place), promosi(promotion) yang biasa disingkat 4P yang mana diolah sedemikian rupa dalam memasarkan suatu produk agar produk berhasil sampai kepada konsumen.
  • Harga(Price)
          Harga adalah sejumlah uang yang di patok oleh perusahaan untuk suatu barang dimana harus dibayar oleh konsumen jika konsumen ingin membeli barang tersebut.
  • Produk(Product)
            Produk adalah barang atau jasa yang kita tawarkan kepada calon pembeli yang mana kualitas barang atau jasa yang kita jual haruslah berkualitas agar dapat menarik dan sekaligus juga dapat mempertahankan calon pelanggan agar terus menggunakan produk yang kita tawarkan.
  • Tempat(Place)
             Selanjutnya adalah tempat, tempat di sini adalah posisi usaha kita di suatu wilayah, saat kita memilih posisi tempat usaha kita, ada banyak pertimbangan dalam memilih tempat usaha kita seperti target pasar, jarak dengan tempat umum, dsb. karena semakin strategis dan dekat dengan target pasar semakin besar pula peluang produk kita untuk laku dibeli.
  • Promosi(Promotion)
                Yang terakhir adalah promosi, promosi adalah usaha dari pelaku usaha untuk mengenalkan, mengiklankan, dan atau membuat menarik calon pelanggan terhadap produk yang kita tawarkan, contoh strateginya perusahaan yang menjual alat yang digunakan untuk melakukan proses tambang minyak, tidak efisien jika menawarkannya via televisi karena tidak banyak yang akan tertarik untuk membelinya sehingga promosi via sales pun akan lebih efisien dan menarik calon pembeli. 

Sekian saya utarakan ke 4P marketing mix, jika ada kesalahan saya minta maaf dan boleh beri saran dan komentar di kolom komentar, dan terima kasih:-)
Previous Post
Next Post

0 Comments: