Saturday, October 14, 2017

Mengenal Marketing Mix


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
         Bagi yang bekerja di bidang manajemen pemasaran pasti sudah tahu apa itu bauran pemasaran atau marketing mix. Marketing mix adalah senjata yang digunakan suatu perusahaan guna menjual produknya agar mudah laku di pasaran, marketing mix sendiri terdiri dari kombinasi 4 variabel yaitu harga(price), produk(product), tempat/distribusi(place), promosi(promotion) yang biasa disingkat 4P yang mana diolah sedemikian rupa dalam memasarkan suatu produk agar produk berhasil sampai kepada konsumen.
  • Harga(Price)
          Harga adalah sejumlah uang yang di patok oleh perusahaan untuk suatu barang dimana harus dibayar oleh konsumen jika konsumen ingin membeli barang tersebut.
  • Produk(Product)
            Produk adalah barang atau jasa yang kita tawarkan kepada calon pembeli yang mana kualitas barang atau jasa yang kita jual haruslah berkualitas agar dapat menarik dan sekaligus juga dapat mempertahankan calon pelanggan agar terus menggunakan produk yang kita tawarkan.
  • Tempat(Place)
             Selanjutnya adalah tempat, tempat di sini adalah posisi usaha kita di suatu wilayah, saat kita memilih posisi tempat usaha kita, ada banyak pertimbangan dalam memilih tempat usaha kita seperti target pasar, jarak dengan tempat umum, dsb. karena semakin strategis dan dekat dengan target pasar semakin besar pula peluang produk kita untuk laku dibeli.
  • Promosi(Promotion)
                Yang terakhir adalah promosi, promosi adalah usaha dari pelaku usaha untuk mengenalkan, mengiklankan, dan atau membuat menarik calon pelanggan terhadap produk yang kita tawarkan, contoh strateginya perusahaan yang menjual alat yang digunakan untuk melakukan proses tambang minyak, tidak efisien jika menawarkannya via televisi karena tidak banyak yang akan tertarik untuk membelinya sehingga promosi via sales pun akan lebih efisien dan menarik calon pembeli. 

Sekian saya utarakan ke 4P marketing mix, jika ada kesalahan saya minta maaf dan boleh beri saran dan komentar di kolom komentar, dan terima kasih:-)

Sunday, October 1, 2017

Tips Aman Membeli Barang di Toko dan Salesman


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
          Selamat malam sobat blogger, pada postingan saya yang kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar kita terselamatkan dari pedagang yang berusaha meraup untung sebesar-besaranya dari kita, padahal harga yang sesungguhnya tidak sebesar yang ditawarkan oleh salesman dan atau penjual di toko. 

Langsung saja beberapa tips dari saya:
  •  Cari informasi harga sesungguhnya lewat media internet atau media yang lain.
        Sebelum memutuskan untuk memebeli suatu barang, cobalah untuk melihat harga sesungguhnya di internet, majalah, katalog, dll. Cari harga yang paling rendah, cara ini digunakan agar kita tahu harga dipatok tanpa ada tambahan komisi untuk penjual di toko atau salesman, sehingga jika harga yang ditawarkan sales dan harga yang kita cari tadi berbeda jauh(lebih tinggi yang ditawarkan sales) kita dapat mencari penjual lain yang mana menjual dengan harga yang lebih murah, atau setidaknya tidak berbeda jauh dengan harga yang sebelumnya kita cari, tetapi berhati-hatilah dangan barang yang terlalu murah atau dengan potongan harga yang terlalu besar(apa lagi lewat toko online), karena bisa jadi itu penipuan.
  • Jangan mudah terpengaruh oleh kata-kata sales.
         Namanya juga manusia tidak semuanya bisa dipercaya, sebaiknya kita berhati-hati jika berhadapan dengan sales, lebih baik kita secara tegas meminta maaf untuk tidak membeli barang yang ditawarkan sales daripada terjebak oleh kata-kata seorang sales, karena beberapa sales menggunakan tambahan-tambahan dalam kata-katanya untuk membujuk calon pembeli untuk membeli barang tersebut, tetapi tidak semua sales tidak dapat dipercaya, intinya kita tetap berhati-hati seperti cari tahu terlebih dahulu kantor pusat dan atau toko si sales, identitas si sales, dsb. Jangan sampai setelah kita membeli barang dari sales, ternyata barang tersebut harganya lebih mahal dari harga normal atau kualitasnya yang kurang bagus.
  • Turunkan harga serendah-rendahnya
          Saat kita berusaha menawar suatu barang cobalah untuk menawar dengan harga yang rendah, misal lima puluh persen dari harga yang ditawarkan, nantinya dari negosiasi harga antara penjual dan pembeli menemui harga yang sekiranya pas, kita bisa langsung membeli barang tersebut, tetapi jika harga yang disepakati terlalu tinggi dan si penjual tidak bisa lagi menurunkan harganya, kita bisa mencari tempat lain untuk membeli barang tersebut dan mencari toko lain yang menjual barang serupa dengan harga yang lebih rendah.
  •  Membandingkan harga di setiap toko
             Ini bisa diterapkan di mall-mall, sebagi tips saja untuk mencari barang yang dimaksud dengan harga yang rendah kita perlu berpindah-pindah toko, tawar sana-sini supaya menemukan tempat yang menjual barang yang dimaksud dengan harga yang paling murah, tetapi tetap waspada jika kita menemukan harga yang terlau murah dan berbeda jauh dengan harga normal, karena bisa jadi itu barang palsu.
  •  Hati-hati penipuan
              Penipuan bisa lewat apa saja, bisa lewat telepon, pesan bbm, pesan singkat di sms, dsb. Jika kita memang ingin berbelanja secara online lebih baik melalui pedagang online yang terpercaya seperti lazada, tokopedia, dsb. Penipuan yang selanjutnya adalah kita harus berhati-hati supaya tidak membeli barang yang bekas tetapi disetting baru, sebaiknya kita lebih pintar dalam mengecek kondisi barang yang kita akan beli sebelum benar-benar membelinya.


  • Jangan mudah tergiur dengan potongan harga yang terlalu besar di internet atau toko online
              Penipuan bermoduskan potongan harga yang besar dan jauh dari harga normal sering terjadi di dunia maya, bahkan di toko online juga bisa terjadi penipuan semacam itu, lebih baik kita membaca pedoman terlebih dahulu pada toko online supaya kita bertemu penjual yang dapat dipercaya. Penipuan semacam itu juga banyak terjadi di media sosial, intinya berhati-hati saja, membelilah barang dari sumber yang benar-benar terpercaya.

Sebagai tips lebih baik dengan urutan:

Cari info barang yang dibeli melalui Internet - membeli dengan berpindah-pindah toko - tawar serendah rendahnya dengan menyesuaikan harga dengan yang telah kita cari tadi - jika harga sesuai kita bisa langsung membelinya - terakhir, hati-hati dengan penipuan:-)

Gunakan tips sederhana ini untuk membeli barang yang berharga agak mahal ya, seperti handphone dan laptop, jika hanya membeli sandal jepit murah di warung langsung beli aja gapapa hehe:-D
Dan jangan menawar di toko yang harganya telah dibandrol karena sudah pasti tidak bisa di tawar lagi.

Kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih (-:

###Semoga_Bermanfaat###