Saturday, September 30, 2017

Tehnik Cepat Belajar Gitar untuk Pemula Sampai Bisa Mengiringi Lagu


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
          Bagi pemula yang ingin belajar bermain gitar secara cepat dapat membaca artikel saya dibawah, artikel yang saya bagikan nanti sebagian dari pengalaman saya sendiri hingga saya benar-benar lancar dalam memainkannya.

Sebelumnya anda harus mengerti dulu beberapa hal dalam bermain gitar, diantaranya:

-fret: ruas pada leher gitar, fret ini mempunyai ukuran yang berurutan dari kiri ke kanan, semakin ke kanan ukuran fret semakin kecil.
-urutan keenam senar berurutan dari bawah, tiga senar yang kecil di bagian bawah dan tiga senar yang besar(bass) berada di bagian atas.
-pick: alat bantu memetik gitar
-cord: kunci gitar
-melodi: tehnik memainkan gitar dengan memetiknya satu persatu.
-rhytm: tehnik memainkan gitar dengan menggenjrengnya.

Untuk memulai belajar gitar ada beberapa hal yang harus anda persiapkan diantaranya:

1. Anda harus memiliki gitar, ini adalah syarat utama supaya anda dapat belajar gitar kapanpun anda mau.
2. Memotong kuku, terutama kuku jari tangan kiri supaya tidak mengganggu saat anda memainkan kunci dan melodi gitar, dan bagian kanan jika perlu supaya tidak mengganggu saat memetik senar gitar.
3. Memiliki pick gitar, hanya bagi anda yang ingin memainkan gitar menggunakan pick karena selain mempermudah dalam memetik gitar, pick juga dapat membuat suara yang keluar dari petikan dan genjrengan kita lebih baik dan dapat menghindari luka pada jari kanan kita akibat terlalu sering dan atau keras dalam memetik gitar, selain itu pada gitar listrik pick gitar dapat digunakan untuk memainkan berbagai macam tehnik melodi dan kunci gitar.

Setelah menyiapkan beberapa hal diatas, sekarang mulailah belajar gitar, dan untuk tips cepat dari saya akan saya utarakan sebagai berikut:

1. Menghafal kunci-kunci gitar dan letak jari-jarinya. Anda dapat mencari sendiri gambar tata letak jari pada berbagai macam kunci gitar di internet dan mulai meletakkan jari anda sesuai kunci yang anda pelajari, untuk tips cepatnya lebih baik anda mempelajari kunci gitar yang mudah-mudah dulu seperti kunci C, D, Dm, E, Em, F biasa(bukan tegak), G, A, Am, B biasa(bukan tegak), dan Bm biasa(bukan tegak).

2. Kunci-kunci yang telah dihafalkan tata letak jarinya diulangi terus sampai benar benar hafal dan cobalah untuk menggenjrengnya apakah suaranya sudah halus apa belum, jika belum perbaiki posisi jari, apakah senar sudah tegak lurus dengan jari apa belum dan sudahkah
benar-benar berada di tengah jari apa belum, selain itu jangan memencet senar pada pembatas fret atau suaranya akan jelek, usahakan memencet senarnya di tengah fret.

3. Latih kecepatan perpindahan posisi jari saat berganti kunci, latih terus sampai perpindahannya cukup lancar, saat di sela-sela perpindahan kunci bisa dengan menggenjreng senar tanpa di tekan.

4. Mulailah mempraktekkan kunci yang anda pelajari menggunakan lagu, tetapi carilah lagu yang menggunakan kunci yang telah anda pelajari, latih terus sampai suara gitar terdengar merdu dan indah, untuk tempo dan jatuh ketukannya bisa dirasakan sendiri, rasakan apakah suara nyanyian kita dan genjrengan gitar terdengar pas dan nyaman saat didengar atau belum, atau jika anda memputuhkan tempo yang lebih akurat bisa menggunakan musik untuk mengiringi lagu yang anda mainkan, rasakan apakah genjrengan gitar pas dengan ketukan pada lagu yang diputar.

      Latih terus keahlian anda dalam bermain gitar, semakin sering anda berlatih makan skill gitar anda akan semakin bagus, bahkan anda akan bisa seperti saya yaitu dapat memindahkan kunci dengan tanpa melihat jari yang memencet senar:-D

       Pada kesempatan kali ini saya hanya memberikan tehnik sampai anda bisa mengiringi lagu menggunakan gitar, untuk selanjutanya saya akan menambahakan artikel tentang tehnik bermain gitar dengan melodi:-)

      Sekian beberapa tips dari saya, banyak kurangnya minta maaf, dan terima kasih;-)

###Salam_Sukses###
Previous Post
Next Post

0 Comments: