Wednesday, September 10, 2014

Prinsip/Cara Kerja Speaker

     
        Hay blogger mania, untuk sobat yang bekerja sebagai seorang mekanik bengkel elektronik atau mahasiswa jurusan elektronik sudah pasti tahu apa itu speaker yang mana berbentuk seperti mangkuk dan biasa dipasang pada barang-barang elektronik yang menghasilkan output berupa suara. Pada speaker terdapat magnet serta kabel -  dan + dibelakangnya, dan yang seperti mangkuk tadi adalah membran yang akan terus bergetar selama speaker bekerja,  disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana prinsip / cara kerja dari salah satu komponen elektronika  yaitu speaker, pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu speaker...
       Speaker adalah suatu komponen elektronika yang digunakan untuk mengubah getaran listrik suara menjadi getaran suara atau sering disebut sebagai pengeras suara. Cara kerjanya sendiri adalah sebagai berikut:


  1. aliran listrik dari + masuk ke dalam komponen speaker melalui kabel + dengan kuat arus yang berbeda - beda tergantung dari irama suara yang akan dikeluarkan speaker nanti.
  2. aliran listrik dari kabel + masuk ke dalam selenoid yang berada di tengah magnet sehingga kabel selenoid akan menciptakan medan magnet yang besarnya berbeda-beda tergantung pada arus listrik yang memberikan kuat arus yang berbeda-beda pula(tergantung dari variasi nada suara yang akan dikeluarkan speaker).
  3. medan magnet pada selenoid berpotongan dengan medan magnet pada magnet yang berada di sekitar selenoid sehingga selenoid akan bergerak naik turun. gerakan naik turun selenoid tergantung dari besar kecilnya medan magnet yang juga tergantung dari besar kecilnya kuat arus yang diterima selenoid. 
  4. gerakan naik turun pada selenoid akan menggerakkan(menggetarkan) membran speaker dengan frekwensi dan simpangan yang berbeda-beda.
  5. pada akhirnya getaran membran speaker yang bervariasiakan menghasilkan bunyi yang bervariasi pula menurut suara/musik yang akan dikeluarkan speaker. arus listrik dari selenoid akan dialirkan ke kabel - sehingga arus akan meninggalkan speaker.
       sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat, jika ada kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan terima kasih telah membaca postingan saya yang jauh dari sempurna ini.

"GOOD LUCK"  
Previous Post
Next Post

1 Comments:

Unknown said...

Sangat bermanfaat