Saturday, December 28, 2013

Mengenal Parkour





Assalamualaikum Wr. Wb. 
       Saya kira sebagian orang mungkin termasuk kamu sudah mengatahui apa itu Parkour, yak betul... parkour adalah sejenis olahraga yang menggunakkan tubuh manusia itu sendiri untuk melewati berbagai rintangan dari suatu tempat ke tempat lain dengan mengandalkan berbagai gerakan yang memanfaatkan bentuk tubuh manusia, dan gerakan tersebut diusahakan
supaya lebih indah, cepat, dan efisien. Para pemain Parkour laki2 di sebut "Traceur", sedangkan pemain perempuan disebur "Traceuse", dan parkour itu sendiri tidak digunakkan untuk bartarung(fight) melainkan untuk melarikan diri. 

       Penemu Parkour bernama David Belle, dia adalah orang Perancis. Yang membuat ia terinspirasi untuk membuat olahraga Parkour adalah Ayahnya Raymond Belle yang merupakan seorang pemadam kebakaran militer, dari situlah dia mulai menyukai cerita2 kepahlawanan. Dan ayahnya juga yang mengajarkannya bagaimana menghadapi halang rintang. David juga
memainkan olahraga yang saat ini disebut parkour ini setelah pulang sekolah untuk melewati berbagai rintangan. Dan dia juga memutuskan untuk putus sekolah demi kecintaanya akan aksi, kebebasan, dan ketangkasan dirinya agar berguna bagi dirinya , seperti yang di ajarkan ayahnya.

      Sejak usia 15 tahun ia pindah sekolah di Lisses yaitu salah satu sekolah di perancis, dan teman-temannya mulai tertarik dengan apa yang dilakukan David, sehingga mereka membuat suatu komunitas Parkour yang Bernama "Yamakasi". Kalau Yamakasi sendiri pernah di filmkan di film berdurasi panjang yang di bintangi oleh David Belle sendiri. Selain dalam film Yamakasi, Parkour juga pernah ditayangkan di film James Bond"Casino Royale", Punisher"War Zone"(2004), dan juga pernah dibuar film dengan versi pendek yang berjudul After Run yang dibuat sama komunitas pertama di Malang yang bernama Play On, dan masih banyak lagi tayangan-tayangan tentang Parkour seperti yang ditampilkan dalam beberapa video game seperti Assassins Creed, Prince of Persia, dsb.

     Olahraga Parkour juga mengajarkan tentang semangatnya hidup yang harus di tumbuhkan. Walaupun hidup pernah mengalami banyak rintangan dan berulang kali jatuh, tetapi harus tetap berusaha untuk mencapai tujuan akhir, seperti hal2 yang terjadi pada saat bermain Parkour, walau banyak melewati tantangan dan jatuh harus tetap berusaha mencapai hasil akhir yang maksimal, jadi selain sebagai suatu olah raga juga memiliki filosofi yang menarik untuk manusia dalam menjalani hidup. 

     Sekian dari saya, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih;-)

###Salam_Sukses###
Previous Post
First